Tokoh

Ai Kaga Penuh Prestasi, Niat Kuat Ingin Bahagiakan Orang Tua

Siedoo, Ai Kaga Naufal Abiyyu Najah, siswa Kelas IX-G Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kota Magelang, Jawa Tengah memiliki tekad kuat untuk membahagiakan orang tua. Cara membahagiakan orang tua dengan cara belajar yang tekun. Hingga akhirnya ia mampu meraih berbagai prestasi yang membanggakan.

Ia berhasil mempersembahkan medali emas dalam KSN IPS ditingkat SMP. KSN tersebut diselenggarakan secara daring pada akhir tahun lalu.

Siswa yang kerap dipanggil Ai Kaga ini merupakan siswa berprestasi di sekolahnya. Tidak hanya pada pelajaran IPS saja, namun juga di pelajaran lain seperti matematika. Ia dikenal sebagai siswa yang baik dan memiliki hobi membaca buku.

“Kaga itu memang sudah terlihat bakatnya sejak kelas tujuh. Selain IPS, Kaga juga mengikuti seleksi untuk kompetisi matematika, namun hasilnya memang lebih baik di IPS,” ujar Makrifatu Chusnawati, guru IPS sekaligus sebagai salah satu pembimbing Ai Kaga pada Kompetisi Sains Nasional (KSN).

KSN adalah ajang kompetisi di bidang sains bagi para siswa jenjang SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia yang sebelumnya dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). KSN diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Proses seleksi siswa yang akan mengikuti KSN sangat ketat. Para siswa yang lolos seleksi juga akan mendapat bimbingan di jam tambahan dari para guru. Jam tambahan biasanya dilakukan tiga kali dalam seminggu.

“Semoga SMP Negeri 1 Kota Magelang selalu menjadi the best serta dapat mempersembahkan yang terbaik untuk Magelang dan Indonesia. Saya juga berdoa semoga Kaga bisa menempuh pendidikan tinggi dengan kualitas terbaik,” ujar Chusnawati.

Catatan prestasi Ai Kaga tidak berhenti hanya sampai disini. Ai Kaga juga memutuskan untuk mengikuti kompetisi Geografi di tingkat SMA. Ia mengaku bahwa ingin selalu berprestasi untuk membanggakan orang tua sekaligus sekolahnya.

Baca Juga :  Mantap, Drone dan Pesawat Capung Rakitan ITB Juara di Singapura

“Saya termotivasi untuk selalu berprestasi agar dapat membanggakan orang tua dan mengharumkan nama sekolah,” ujar Ai Kaga.

Berkat doa dan usaha keras selama ini, Ai Kaga akhirnya berhasil meraih juara satu dalam KSN mata pelajaran Geografi tingkat SMA se-kota Magelang.

Ai Kaga Naufal Abiyyu Najah, siswa SMP N 1 Kota Magelang juara pertama KSN Geografi SMA tingkat Kota Magelang, Jawa Tengah. | foto : Siedoo

Adapun KSN tingkat SMA dilaksanakan selama dua hari dengan keseluruhan sembilan mata pelajaran. Ai Kaga yang mengikuti kompetisi rumpun IPS mendapat giliran pada hari kedua yaitu pada (04/06/2021). Kompetisi dilakukan mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dan di SMA Negeri 1 Kota Magelang secara daring.

Ai Kaga memiliki motto yaitu, berdoa dan berusaha, motto ini benar-benar dilakukannya dengan baik dan sepenuh hati. Ia juga sangat berterimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung, terutama orang tua dan guru-guru.

“Terima kasih para guru yang sudah membimbing saya hingga mendapatkan prestasi seperti ini. Untuk orang tua, terima kasih juga karena selalu mendukung dan memfasilitasi saya dalam prasarana lomba,” ucapan terima kasih Ai Kaga pada para guru dan orang tuanya.

Berkat prestasinya Ai Kaga mendapatkan tawaran beasiswa dari berbagai sekolah-sekolah favorit. Kini ia menjatuhkan pilihannya untuk melanjutkan pendidikan di SMA Semesta Semarang, Jawa Tengah. Ai Kaga juga berniat untuk mengikuti kompetisi di tingkat provinsi yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2021. (*)

Apa Tanggapan Anda ?