Guru Prakarya sekaligus Pembina siswa lomba desain poster (Meiga Indah Puspita Sari, S.Pd.) bersama siswa pemenang Juara 1 FLS2N cabang Desain Poster tingkat Provinsi Jawa Tengah (Mahpiua Luta Oglala Sioux). | Foto : Fauzi Bayu Sejati | Siedoo

Advertorial Daerah

Desain Poster SMPN 1 Magelang, Wakili Jateng ke Tingkat Nasional


MAGELANG – Prestasi yang dimiliki Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Magelang, Jawa Tengah terus bermunculan. Salah satunya dalam edukasi seni digital yang memenangkan juara 1 lomba desain poster dalam ajang Fetival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi Jawa Tengah pada Agustus 2019 lalu. Atas raihan kemenangan ini, sekolah maju ke tingkat Nasional (15/9/2019) sampai (21/9/2019) di Tangerang, Banten.

“Kemarin temanya Mengeksplorasi Potensi Desa sebagai Bentuk Dukungan Terhadap Sub Sektor Ekonomi Kreatif. Jadi, seperti generasi muda harus bisa mengeksplorasi potensi desa,” kata Mahpiua Luta Oglala Sioux, siswi SMPN 1 Kota Magelang, Pemenang Juara 1 Poster FLS2N.

Ia menjelaskan, poster yang dibuatnya menunjukkan pesan agar generasi muda familiar dengan sosial media dan internet. Mereka sudah seharusnya bisa mengeksplorasi dan memberi ruang potensi desa supaya bisa masuk pasar global.  Hal itu bisa dipromosikan melalui sosial media  seperti YouTube, Instagram dan lainnya.

“Saya senang, karena ini adalah kejuaraan paling tinggi  yang pernah saya dapat,” tutur siswa kelas IX tersebut.

Ia mengaku, sejak kecil memang mempunyai hobi dalam menggambar. Bahkan, lebih dikembangkan lagi ketika menduduki bangku di SMPN 1 Kota Magelang.

Guru Prakarya SMPN 1 Kota Magelang, Meiga Indah Puspita Sari, S.Pd menjelaskan, generasi muda saat ini mempunyai tugas melestarikan dan mendukung segala sesuatu yang ada di Indonesia. Jika dapat diolah dalam seni digital, tentu sangat membantu.

“Menurut saya, apalagi seni digital untuk era 21 ini sangat penting dan dibutuhkan dimana-mana. Bahkan, Desain Komunikasi Visual (DKV) pun sekarang jadi trending jurusan favorit anak muda. Dimana-mana perusahaan membutuhkan,” kata dia.

Guru Seni itu juga menyampaikan bahwa, agar sense of art dari anak itu tumbuh, maka perlu dilakukan pengarahan. Namun tanpa memaksakan selera siswa itu sendiri.

“Saya membimbing agar anak itu menemukan ciri khasnya sendiri,” imbuh guru yang juga pembina anak dalam desain poster tersebut.

Raihan prestasi yang membanggakan itu menjadikan pengalaman tersendiri bagi siswa. Diharapkan, prestasi - prestasi yang memuaskan terus muncul di sekolah. Mulai dari prestasi tingkat lokal hingga internasional.

Saat mengikuti perlombaan itu, sekolah dan siswa mempersiapkannya dengan baik. Persiapan dalam mengikuti ajang tingkat nasional, guru memberikan beberapa bahan untuk referensi. Kemudian anak nantinya yang mengembangkan dengan sendirinya. Selamat atas prestasi tingkat nasional yang diraih tersebut. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?