Daerah

Wisuda Online, Alternatif Solusi dari SMPN 4 Kota Magelang di Tengah Pandemi

MAGELANG - Pandemi Covid-19 tidak menjadikan kendala sekolah untuk menjalankan kegiatan - kegiatan. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Kota Magelang, Jawa Tengah menggelar acara Wisuda dan Pelepasan Siswa Tahun Pelajaran 2020/2021 secara virtual.

Wisuda virtual ini dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB. Wisuda virtual ditayangkan secara live streaming melalui akun YouTube, sehingga para siswa maupun wali murid dapat ikut serta menyaksikan acara tersebut.

Acara wisuda virtual kali ini dihadiri kepala sekolah, waka kesiswaan, ketua komite sekolah, bapak/ibu wali kelas IX, serta perwakilan siswa-siswi SMP Negeri 4 Kota Magelang. Pandemi menyebabkan wisuda tahun ini dilaksanakan dengan jumlah peserta yang dibatasi. Hal ini bertujuan untuk saling menjaga dan mewaspadai penularan virus Covid-19.

Persiapan acara sudah dimulai sejak seminggu sebelumnya. Tim multimedia SMP Negeri 4 Kota Magelang mempersiapkan secara maksimal acara wisuda virtual tahun ini. Tidak terlalu banyak kendala yang dihadapi, hanya kesulitan awal dalam penayangan live streaming YouTube.

Wisuda virtual SMP N 4 Kota Magelang, Jawa Tengah dilaksankan tetap dengan protokol kesehatan. | foto : Siedoo

Acara dimulai dengan pembukaan, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan, pengumuman lulusan terbaik, prosesi wisuda, doa dan penutup. Para siswa juga sudah dihimbau sejak awal untuk standby link YouTube pada waktu yang ditentukan. Link YouTube dapat dilihat di website SMP Negeri 4 Kota Magelang.

"Wisuda merupakan suatu prosesi yang sangat berkesan bagi anak, terutama disaat pandemi Covid-19 ini tengah berlangsung," kata Sarija S.Pd., MM.Pd, Kepala SMP Negeri 4 Kota Magelang.

Sarija menjelaskan bahwa pandemi menyebabkan berbagai keterbatasan, diantaranya para siswa untuk bertemu dengan rekan-rekannya. Sehingga dengan minimnya pertemuan, maka paling tidak wisuda harus diusahakan, agar para siswa dapat berkesempatan bertemu dengan rekannya, meski itu secara virtual.

Baca Juga :  SMPN 4 Kota Magelang Gelar Wisata Edukasi

Ia menegaskan bahwa wisuda virtual bukan suatu kewajiban, melainkan himbauan. Sehingga, tidak perlu memaksakan diri bagi siswa yang berhalangan mengikutinya. Ini adalah salah satu cara SMP Negeri 4 Kota Magelang melepas para siswa angkatan 2020/2021 untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi.

"Akibat pandemi Covid-19, kita perlu memikirkan adanya suatu rekayasa dan ide-ide bagaimana penyajian pelaksanaan wisuda dapat tetap indah dan meriah, walaupun serba kekurangan seperti ini," ujar Sarija ketika ditanya tentang perbedaan wisuda tahun ini dengan sebelumnya.

Sarija berharap wisuda virtual ini dapat memberikan rasa kepuasan pada masyarakat, tentang bagaimana sekolah dapat memberikan pelayanan terbaiknya. Hal ini juga membuktikan bahwa walaupun ditengah pandemi, namun SMP Negeri 4 Kota Magelang akan selalu inovatif untuk kemajuan.

Terdapat 172 siswa kelas IX yang ada di SMP Negeri 4 Kota Magelang. Hanya sepuluh siswa yang berkesempatan untuk menghadiri acara wisuda ini di Aula SMP Negeri 4 bersama dengan guru-guru lain. Sepuluh siswa itu adalah siswa-siswi terbaik pada periode kelulusan 2020/2021.

Kepala SMPN 4 Kota Magelang, Jawa Tengah Sarija S.Pd., MM.Pd. | foto : Siedoo

Tidak ada keharusan dalam penyelenggaraan wisuda, baik dari Dinas Pendidikan ataupun dinas terkait lainnya. Wisuda virtual tahun ini terselenggara atas inisiasi para guru untuk memberikan kenang-kenangan bagi siswanya.

Sementara itu, Wakasek Kurikulum SMPN 4 Kota Magelang Tri Indra Prasetya S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa ada perbedaan dan kelebihan dari wisuda virtual dibanding dengan wisuda tatap muka. Sebelumnya wisuda tatap muka dapat diikuti oleh siapa saja, tidak hanya siswa-siswi dan wali murid saja.

Walaupun begitu, Tri Indra tetap berharap pandemi segera berakhir dan perayaan wisuda dapat dilakukan seperti sebelumnya. Acara dapat digelar dengan meriah serta siswa dan orang tua dapat dikumpulkan secara bersama.

Baca Juga :  UM Magelang Juara di Musabaqah Tilawatil Quran

"Harapannya tahun depan sudah tidak virtual lagi, dan penyebaran Covid-19 sudah terputus. Sehingga pelaksanaan wisuda tahun-tahun selanjutnya dapat dilaksanakan secara tatap muka," kata dia. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?