Poster Lomba Kemerdekaan SMPN 4 Magelang
Daerah

Gemerlap Kemerdekaan di SMPN 4 Kota Magelang

KOTA MAGELANG - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Kota Magelang, Jawa Tengah melaksanakan acara "Dirgahayu Republik Indonesia bersama Ospa" pada 17 Agustus kemarin. Lomba diadakan secara online, dengan pemberitahuan melalui akun ig resmi OSIS SPENAPA atau @osis_spenapa dan web resmi dari SMPN 4 Kota Magelang.

Ada sekitar 70 siswa - siswi yang berpartisipasi dalam perlombaan itu. Lomba ini memang dibuka khusus untuk seluruh siswa-siswi SMPN 4 Magelang. Sehingga, hanya internal sekolah yang dapat mengikutinya.

Siswa SMPN 4 juga merespon lomba ini dengan sangat baik. Mereka terlihat begitu antusias, karena sejak poster dibagikan pada 13 Agustus, banyak sekali siswa-siswi yang menghubungi panitia perihal teknis pelaksanaan lomba tersebut.

Terdapat tiga kategori lomba yang diadakan, yaitu lomba poster, lomba puisi, dan kuis singkat. Lomba poster merupakan kategori lomba yang memiliki partisipan tertinggi.

Sistematika penjurian dari masing-masing lomba tentunya harus murni hasil karya dari para peserta yang mengandung makna dan desain grafis yang mereka buat. Bagi lomba kuis kemerdekaan, sistematika penjurian adalah dari nilai yang mereka dapatkan dan waktu mereka dalam menjawab soal-soal yang diberikan.

Lisa Putri Perwita Sari, Ketua OSIS periode 2020/2021 menjelaskan bahwa untuk mengikuti lomba ini peserta dapat mendaftarkan dirinya pada 13 hingga 14 Agustus. Kemudian pada 15 hingga 17 Agustus, adalah hari dimana perlombaan secara online dimulai. Terakhir yaitu pengumuman pemenang dari masing-masing lomba akan diumumkan pada 20 Agustus.

Tidak ada pembukaan resmi yang menandai dimulainya perlombaan. Awal mula adalah dengan OSIS yang menyebarkan poster-poster teknis kegiatan kepada masing-masing grup angkatan dari kelas 7 hingga kelas 9. Siswa-siswi yang berminat mengikuti lomba tersebut dihimbau untuk membuka website SMPN 4 Kota Magelang, untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga :  Siswa Dituntut Menyajikan Masalah dan Mencari Solusi

Tahap selanjutnya yaitu pendaftaran. Kemudian para peserta dipersilahkan membuat karya sebaik mungkin tanpa adanya unsur plagiarisme dari sumber manapun dan murni dari hasil kreativitas masing-masing. Peserta kemudian diperbolehkan meng-upload hasil karya mereka di Instagram dengan menggunakan hashtag yang telah ditentukan oleh panitia.

Motivasi dalam mengadakan kegiatan ini adalah untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada peserta didik di SMPN 4 Magelang dan juga untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan tanah air.

Bukan hanya siswa saja, namun para guru juga mengapresiasi dengan sangat baik terselenggaranya acara ini. Para guru mendukung dengan pengajuan yang dilakukan beberapa minggu yang lalu. Selain itu beberapa guru turut memberikan saran dan masukan demi terwujudnya acara Kemerdekaan tersebut.

"Meski masih dalam masa pandemi, kami ingin menunjukkan pada mereka, apa itu OSIS khususnya bagi para adik-adik kelas 7 yang baru saja bergabung dengan keluarga besar SMPN 4," ujar Lisa.

Inisiatif yang mendasari lomba kemerdekaan ini adalah untuk mengenalkan OSIS bagi para calon anggota OSIS periode baru dan tentunya melaksanakan program kerja tahunan yang telah disusun oleh OSIS periode saat ini. Dimana memang kepanitiaan yang terlibat dalam pelaksanaan lomba yaitu seluruh anggota OSIS SMPN 4 Magelang.

Selain itu dengan adanya event kemerdekaan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar dan jiwa kompetisi sehat bagi para siswa-siswi SMPN 4 Magelang. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?