Advertorial Kegiatan

Terkendala PTS Daring, Siswa SMP Negeri 4 Kota Magelang Dilayani Secara Luring

KOTA MAGELANG – Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) tingkat SMP di Kota Magelang dilaksanakan mulai Senin (14/9/2020). Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan tersebut pun dilaksanakan secara daring. Seperti juga dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Magelang.

Waka Bidang Kurikulum, Tri Indra Prasetya, S.Pd, M.Pd menjelaskan meskipun pelaksanaan PTS secara daring, namun tidak semua siswa dapat melakukannya. Hal itu adanya beberapa faktor kendala yang menjadikan siswa harus melaksanakan PTS secara luring (luar jaringan).

“Bisa saja karena faktor sulitnya sinyal, smartphone bergantian dengan orangtua, atau bahkan tidak memiliki smartphone,” katanya, Senin (14/9/2020).

Tri Indra mengatakan siswa yang terkendala daring, pihak sekolah tetap melayani mereka dengan cara luring. Di mana orang tua siswa yang bersangkutan datang ke sekolah mengambil naskah soal, kemudian siswa mengerjakan di rumah.

Petugas SMP Negeri 4 Kota Magelang selalu siap melayani pengambilan naskah dan pengumpulan jawaban PTS siswa yang mengerjakan secara luring. (foto: Narwan Siedoo)

“Hari itu juga, hasil pekerjaan dikumpulkan ke sekolah lagi oleh orangtuanya, maksimal pukul 14.00 WIB,” ujarnya.

Dijelaskan Tri Indra dalam pelaksanaan PTS daring SMP Negeri 4 Kota Magelang menggunakan Google Form dan dipantau oleh pihak sekolah. Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi, pertama pukul 07.30-12.00 WIB dan sesi kedua pukul 16.00-22.00 WIB.

“Kami buat demikian karena kami memberi kesempatan bagi siswa yang baru bisa menggunakan smartphone sore atau malam hari,” ujar Tri Indra.

Dijelaskan pula siswa hanya berkesempatan mengerjakan sekali sampai selesai karena waktu dibatasi. Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris diberi waktu 120 menit.

“Sementara mata pelajaran lainnya waktu mengerjakan 90 metit,” jelas Tri Indra.

Terkait siswa yang melaksanakan PTS secara luring, ada sedikit perbedaan untuk bentuk soal yang harus dikerjakan. Untuk yang daring semua bentuk soal adalah Pilihan Ganda.

“Sementara yang luring, bentuk soalnya Pilihan Ganda dan Esai,” pungkas Tri Indra Prasetya, S.Pd, M.Pd. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?