PEMENANG. Penerimaan penghargaan kepada siswa SMPN 4 Kota Magelang sebagai pemenang lomba FSL2N tahun 2022 tingkat kota Magelang. (foto: fanny/siedoo)
Siedoo.com - PEMENANG. Penerimaan penghargaan kepada siswa SMPN 4 Kota Magelang sebagai pemenang lomba FSL2N tahun 2022 tingkat kota Magelang. (foto: fanny/siedoo)
ADV Pendidikan

Selamat! SMPN 4 Kota Magelang Jawara FSLSN Tari Kreativitas Tingkat Kota

MAGELANG  – Prestasi yang diraih siswa SMPN 4 Kota Magelang, Jawa Tengah terus bertambah. Belakangan ini meraih juara 1 cabang Tari Kreativitas pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FSL2N) Tingkat Kota Magelang Tahun 2022.

“Sebenarnya kami sudah masuk seleksi tingkat nasional. Saat ini sedang dalam babak penyisihan menunggu pengumuman, yang nantinya jika lolos akan masuk ke babak final tingkat nasional,” ujar guru pembimbing, Sri Murwaningsih S. Pd, Ahad (7/8/2022).

Tari yang dibawakan adalah Tari Mak Glondhang. Mereka membawakan tari tersebut karena letak SMPN 4 Kota Magelang berada di wilayah yang memiliki potensi kerajinan bahan logam.

“Tari Mak Glondhang merupakan onomatope dari bunyi perkakas rumah tangga yang terbuat dari besi. Karena itu kami memilih Tari Mak Glondhang dalam acara FSL2N tahun 2022,” jelasnya.

Tarian tersebut menggambarkan hiruk pikuk keluarga dan lingkungan yang kesehariannya menjadi pengrajin perkakas logam. Properti drum dan seng yang diolah untuk mendukung eksplorasi gerak tari. Selain itu, perkakas seperti waja, dandang juga digunakan untuk memperjelas suasana. Nilai-nilai dari tadi ini adalah kerjasama, kerja keras, dan kreativitas.

“Tari ini menceritakan tentang kegiatan UMKM di lingkungan belakang SMPN 4 Kota Magelang yang merupakan sentra pembuatan bahan-bahan alat rumah tangga yang berasal dari logam, maka disebut dengan Mak Glondhang,” Ujar Waka Kesiswaan, Farid Setyawan, S. Pd.

Tarian Mak Glondhang ditampilkan oleh 5 siswa SMPN 4 Kota Magelang. Yaitu, Ika Viranti, Assyifa Lintang Saputri, Mezzaluna Adelya Ariyanto, Ali Ricky Nugroho, dan Agista Mauli Khoirunisa. Mereka dibimbing Sri Murwaningsih S. Pd selaku guru Seni Budaya dan di latih Pilar Sidik Pratomo.

“Kami bersyukur dapat memenangkan lomba ini dan membawa nama baik SMPN 4 Kota Magelang. Semoga dapat menang di tingkat nasional,” ujar Ali Ricky Nugroho.

Baca Juga :  Gemerlap Kemerdekaan di SMPN 4 Kota Magelang

“Harapannya dengan mengikuti lomba tersebut anak-anak dapat menyalurkan bakatnya, sehingga bermanfaat di kehidupan yang akan datang. Saya ingin anak didik saya lebih dari saya,” tutur Sri Murwaningsih.

Selanjutnya, Farid Setyawan berharap dengan mengikuti lomba tersebut dapat membawa nama baik sekolah. Hal tersebut dapat menjadi tabungan anak-anak seperti piagam.

“Selain itu kemampuan yang sudah diasah sejak dini nantinya dapat bermanfaat dimanapun,” tambahnya.

Pihak sekolah berharap prestasi akademik maupun non akademik berjalan seimbang. (siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?