Advertorial Kegiatan

Sertijab Pengurus, Warnai Peringatan Hari Pramuka di SMP Negeri 4 Kota Magelang

KOTA MAGELANG - Pada upacara peringatan Hari Pramuka ke-59 di SMP Negeri 4 Kota Magelang, Kamabigus Sarija, S.Pd, MM.Pd bertindak sebagai pembina upacara, Jumat pagi (14/8/2020). Momentum Peringatan Hari Pramuka juga dimanfaatkan untuk melaksanakan Sertijab (serah terima jabatan) Pengurus Pramuka lama ke pengurus baru.

Kegiatan sertijab Pengurus Pramuka dilaksanakan di aula sekolah setempat, Kamis malam (13/8/2020) pukul 19.15 WIB. Acara dihadiri pula oleh Wakil Kepala Sekolah, Pengurus Pramuka yang lama dan yang baru.

Sebelum dilantik, pengurus baru mengucapkan janji Tri Satya sebagai wujud pengabdian pada satuan, agama, bangsa, dan negara yang dipimpin langsung oleh Pembina. Setelah pengucapan janji, pengurus lama dan pengurus baru menandatangani berita acara sertijab sekaligus penyematan tanda jabatan oleh Kamabigus. Pengurus lama diwakili oleh Djuweni, S.Pd, dan pengurus baru diwakilkan oleh Drs. S. Prapto Sulatno.

“Tentunya kita berterima kasih untuk pengurus lama yang telah menjalankan program kerjanya dengan baik. Kepada pengurus baru, selamat bertugas dan siapkan program kerja baru yang lebih baik lagi,” kata Waka Bidang Kurikulum, Tri Indra Prasetya, S.Pd, M.Pd.

Setelah terlaksana, dilanjutkan dengan kegiatan Ulang Janji dari Kwarcab Kota Magelang yang dilaksanakan via Youtube Live Streaming. Tentunya, rangkaian kegiatan tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Seluruh peserta mengenakan masker dan face shield, serta mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki aula. Acara dimulai pukul 20.00 WIB dan berlangsung dengan khidmad.

Dalam peringatan Hari Pramuka ke-59 itu, tidak ada penugasan khusus bagi siswa-siswi SMP Negeri 4 Kota Magelang. Karena Pembina percaya dengan mereka selaku Pramuka, siswa akan menepati janji dengan terus menumbuhkan semangat kepramukaan di manapun mereka berada. Pembina hanya memberikan instruksi dan arahan melalui WhatsApp untuk turut memperingati Hari Pramuka dengan antusias di rumah masing-masing.

“Kepramukaan itu sendiri kan bisa diwujudkan dengan kegiatan ringan seperti membantu orang tua, atau membersihkan kamar sendiri. Itu sudah mencerminkan sikap mandiri sebagai seorang Pramuka. Saya yakin anak-anak sudah mewujudkannya, jadi tidak perlu tugas tambahan lagi,” ujar Tri Indra.

Kegiatan Pramuka di SMP Negeri 4 Kota Magelang masih belum dilaksanakan semenjak tahun ajaran baru, karena kondisi yang belum memungkinkan. Namun, Waka Kurikulum menjelaskan lebih lanjut, bahwa mereka sedang memeprsiapkan agenda Pramuka Online.

“Sehingga ke depan, kami tetap dapat mewujudkan semangat kepramukaan walau hanya dilaksanakan dari rumah saja,” pungkas Tri Indra Prasetya, S.Pd, M.Pd. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?