DINAS. Sekolah Kedinasan IPDN. (foto: ist)
Nasional

Duluan Mana Seleksi CASN Sekolah Kedinasan dan P3K Guru?

JAKARTA - Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun ini akan diawali bagi sekolah kedinasan di bawah delapan instansi kementerian dan lembaga. Kedelapan instansi tersebut adalah Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Rekrutmen bagi CASN akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran untuk sekolah kedinasan yang rencananya akan dimulai pada bulan April," kata Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Teguh Widjinarko dilansir dari kompas.com.

Setelah itu dilanjutkan pembukaan pendaftaran guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), P3K non-guru, dan CPNS yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni.

"Jika ada informasi terbaru terkait jadwal ataupun proses seleksi CASN, akan kami sampaikan melalui website resmi Kementerian PANRB," tambahnya.

Bagi calon pelamar guru P3K akan diberikan kesempatan mengikuti tiga kali seleksi melalui sistem Computer Assisted Test (CAT). Pertama, direncanakan pada bulan Agustus. Kemudian Oktober, dan terakhir akan dilaksanakan di bulan Desember. Teguh mengimbau agar para calon pelamar dapat mempersiapkan diri serta teliti membaca persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Para calon pelamar dapat mencari informasi dari sumber yang tepercaya seperti website dan media sosial resmi milik Kementerian PANRB, BKN, maupun instansi pemerintah yang akan membuka rekrutmen CASN.

"Untuk para orangtua yang anaknya akan ikut seleksi, percayalah bahwa sistem yang kita bangun ini adalah sistem yang tidak mengandung unsur-unsur menggunakan uang. Kalau ada oknum yang menjanjikan untuk dapat lulus, jangan percaya," ujar Teguh.

Baca Juga :  Pelaku Industri Belum Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan Pendaftaran CPNS 2021 dan P3K guru dan non-guru akan segera dibuka. Rencananya, pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK berlangsung pada Mei-Juni mendatang.

"Pendaftaran Mei-Juni 2021, pendaftaran dilakukan melalui sistem seleksi calon ASN (SSCN) BKN," katanya dilansir dari detik.com.

Seleksi CPNS 2021 ini akn dilaksanakan melalui 2 kompetensi utama yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKD merupakan tes kemampuan dasar dan karakteristik berupa pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang menjadi ciri – ciri Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam tes SKD ini, diharapkan peserta dapat menyelesaikan 100 soal dalam kurun waku 90 menit.

Dalam tes SKD di tahun 2019 lalu, penyelenggaraan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan jenis soal yang di ujikan meliputi Tes Intelegensi Umum (TIU) sejumlah 35 soal, Tes Wawasan Kebangsaan(TWK) sebanyak 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sejumlah 35 soal. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?