Kementrian Keuangan Republik Indonesia. (Foto: tribunjualbeli.com)

Nasional

1.196 Peserta Lolos SKD CPNS Kemenkeu


JAKARTA – Hari ini, Sabtu (1/12/2018), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) yang merupakan seleksi awal perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Hasil SKD CPNS 2018 tersebut disampaikan melalui situs Kemenkeu, kemenkeu.go.id.

Sebanyak 1.196 orang dinyatakan lolos tes SKD. Dengan demikian, mereka berhak mengikuti tahapan tes selanjutnya, yaitu tes seleksi kompetensi bidang (SKB).

Informasi yang ada menyebutkan, tes SKB dibagi menjadi tiga jenis, yaitu psikotes online, tes kesehatan dan kebugaran, serta wawancara. Pembobotan nilai SKB untuk psikotes online sebesar 30 persen, tes kesehatan dan kebugaran sebesar 30 persen, dan wawancara sebesar 40 persen.

Dikutip tribunnews.com, tes SKB dilaksanakan pada 4-9 Desember 2018. Terkait dengan tempatnya, tes akan dilaksanakan sesuai lokasi tes pilihan pelamar, saat melakukan pendaftaran online. Berikut lokasi tes psikotes online:

  1. Medan

Tes akan dilaksanakan pada 6 Desember 2018 di Balai Diklat Keuangan Medan. Nama peserta dan jadwal tes lokasi Medan dapat diunduh di sini.

  1. Jakarta

Tes akan dilaksanakan pada 6 Desember 2018 di Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Nama peserta dan jadwal tes lokasi Jakarta dapat diunduh di sini.

  1. Yogyakarta

Tes akan dilaksanakan pada 6 Desember di Gedung Keuangan Negara Yogyakarta. Nama peserta dan jadwal tes lokasi Yogyakarta dapat diunduh di sini.

  1. Balikpapan

Tes akan dilaksanakan pada 6 Desember 2018 di Balai Diklat Keuangan Balikpapan. Nama peserta dan jadwal tes lokasi Balikpapan dapat diunduh di sini.

  1. Makassar

Tes akan dilaksanakan pada 6 Desember 2018 bertempat di Balai Diklat Keuangan Makassar. Nama peserta dan jadwal tes lokasi Makassar dapat diunduh di sini.

  1. Jayapura

Tes akan dilaksanakan pada 6 Desember 2018 bertempat di Gedung Keuangan Negara Jayapura. Nama peserta dan jadwal tes lokasi Jayapura dapat diunduh di sini.

Adapun tes kesehatan dan kebugaran juga dilaksanakan di enam lokasi, Medan, Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Makassar, dan Jayapura. Untuk lokasi tes laboratorium, kesehatan, dan kebugaran dapat dilihat di sini.

Waspadai penipuan

Kemenkeu menegaskan, kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan dari kemampuan dan kompetensi pelamar. Apabila terdapat pihak atau oknum yang menawarkan jasa dengan imbalan tertentu menjanjikan dapat diterima menjadi CPNS di lingkungan Kemenkeu, maka hal tersebut merupakan tindak penipuan. Hal itu dapat melaporkan melalui situs www.wise. kemenkeu.go.id. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?