Inovasi Kegiatan

Robot Rosemery UNY Juara 1 Divisi Robot Seni Tari KRI Regional 2

YOGYAKARTA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih Juara 1 dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional 2 Tahun 2020 Divisi Robot Seni Tari. Kegiatan KRI Regional 2 dilaksanakan secara daring pada tanggal 9-11 Oktober 2020 dengan cakupan wilayah DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, dan Sulawesi.

Di ajang tersebut, robot seni tari UNY yang diberi nama Rosemery tersebut menampilkan tari Burung Enggang dari suku Dayak Kenya Kalimantan Timur.

Menurut ketua tim Rosemery, Julizar Handi Wijaya persiapan dilakukan mulai dari persiapan tim yang berkualitas sekaligus persiapan robotnya. Untuk robotnya sendiri sudah dipersiapkan dari sebelum pandemi.

“Tapi sempat terhenti karena di-lockdown, walaupun setelah diizinkan akhirnya kita riset lagi” kata Julizar.

Untuk persiapan lomba Regional 2 tim memulainya dari merancang baju hingga programing gerak tariannya. Julizar mengaku saat lomba sempat tertinggal dari tim lain pada babak penyisihan sehingga UNY berada di posisi ke-3.

Tim Robot Rosemery UNY. (foto: Humas UNY)

“Namun tim berusaha semaksimal mungkin untuk meng-upgrade robot Rosemery supaya bisa lebih baik dalam satu malam, dan berhasil,” ungkap Julizar.

Selain juara pertama pada divisi robot seni tari, dalam KRI Regional 2 tahun ini UNY berhasil pula menjadi Juara 2 Kontes Robot Sepakbola Beroda dan Juara 3 Kontes Robot Sepakbola Berkaki.

“Kami berharap, tahun depan UNY bisa mempertahankan juara pertama di tingkat nasional,” pungkas Julizar. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?