Kegiatan Nasional

Secara Virtual, Akmil Ikuti Upacara HUT TNI Ke-75 di Istana Negara

MAGELANG – Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Akademi Militer (Akmil) Magelang kali ini memperingati HUT TNI Ke-75 hanya mengikuti upacara perigatan secara virtual, Senin (5/10/2020). Upacara virtual yang digelar di Istana Negara sesuai protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Memang biasanya, HUT TNI diperingati Akmil secara meriah di lokasi terbuka bahkan mengundang warga. Namun kali ini tidak dilakukan mengingat situasi yang belum memungkinkan.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos, M.Tr.(Han) dalam mengikuti upacara HUT TNI secara virtual dari Istana Presiden Jakarta. Juga diikuti Mabes TNI, Mabesad, Mabesal, Mabesau dan jajaran TNI di seluruh penjuru Tanah Air Indonesia.

Untuk kegiatan di wilayah Magelang ini bertempat di gedung Lily Rochli Akmil yang dihadiri oleh pejabat Polri dan Pejabat daerah Magelang. Hadir pada upacara tersebut Sekda Kota Magelang Joko Budiyono, Ketua Pengadilan Kota Magelang Sri Harsiwi S.H., M.H. Turut hadir  Kepala Kejaksaan Negeri Kota Magelang Edi Irsan Kurniawan, S.H., M.Hum, Asisten 1 Sekda Kabupaten Magelang Drs. Asfuri Muhsis, M.Si. Tidak ketinggalan Kapolres Kota Magelang AKBP Nugroho dan Kapolres Kabupaten Magelang AKBP Yudianto.

Upacara HUT TNI ke-75 dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara. Upacara disiarkan secara live di YouTube Sekretariat Presiden. Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Tampak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi tiga Kepala Staf Angkatan. Yaitu KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta pejabat negara lainnya.

Sebelumnya, melalui akun Instagram resminya, Presiden Jokowi memberikan apresiasi atas peran TNI selama ini, khususnya selama masa pandemi Covid-19. Dalam amanatnya yang dibacakan Presiden RI Joko Widodo menyampaikan secara virtual ke seluruh dunia.

"Termasuk kita di Indonesia kini berjuang dalam perang melawan Covid-19. Musuh tak kasat mata yang memporakporandakan hampir di semua tatanan kehidupan," amanatnya.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi, peran TNI selama ini dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dari mulai membantu mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakkan aturan di daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Di tengah suasana itu, kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Tentara Nasional Indonesia atas berbagai perannya dalam membantu mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Ikut menegakkan aturan di daerah-daerah yang menerapkan PSBB, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran Covid-19," lanjutnya.

Presiden Jokowi pun berharap TNI selalu bersikap profesional, agar selalu menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

“Dirgahayu TNI, teruslah menjadi Tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat," ucap presiden mengakhiri amanatnya.

Akmil mengundang Forkopimda Kabupaten dan Kota Magelang ke Gedung Lily Rochli Akmil untuk ikuti upacara HUT TNI Ke-75 secara virtual, Senin (5/10/2020). (foto:Humas Akmil)

Selesai acara virtual dari Istana Negara, Akmil mendapat surprise dari Kapolres Kota Magelang dan Kapolres Kabupaten Magelang. Yaitu berupa Tumpeng dan Kue Ulang Tahun HUT TNI ke-75.

Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok menyampaikan, tema kita dalam HUT TNI, “Bersinergi untuk Negeri”.

“Artinya pemerintah, TNI ingin agar seluruh komponen bangsa ini termasuk di dalamnya TNI dan Polri bersatu bersinergi berjuang bersama membangun bangsa,” ujarnya.

Kemudian Gubernur Akmil menyampaikan memang mengundang Forkopimda Kabupaten Magelang dan Kota Magelang untuk ikut upacara ini.

“Ini semua bukti dari implementasi dan sinergi, sudah ada wujud nyata di lapangan,” lanjutnya.

Gubernur Akmil berharap, Akmil dengan HUT TNI ke-75 lebih bisa meningkatkan kinerja ke depan. Di tengah perkembangan global saat ini, di tengah tuntutan mendidik para Taruna yang harus dapat menjadi seorang Letnan Dua dan gelar sarjana.

“Maka kami dan seluruh jajaran Akmil harus bekerja keras untuk mewujudkan ini. Sehingga ke depan Akmil dapat mewujudkan visi misinya Center of Excellence Word Class  atau Akmil yang berkelas dunia,” pungkas Mayjen Totok Imam. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?