Gadik/Gapendik Akmil mengikuti penataran penjaminan mutu internal dan audit mutu internal tahun 2018 di Magelang, Jawa Tengah.

Daerah

Akmil Gandeng UGM, Berbicara Penjaminan Mutu


MAGELANG – Akademi Militer (Akmil) selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas 10 komponen pendidikan. Diantaranya adalah Tenaga Pendidik (Gadik) dan Tenaga Kependidikan (Gapendik). Guna meningkatkan Akreditasi Akademi Militer oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) Indonesia, maka Gadik dan Gapendik Akademi Militer harus memenuhi standar kompetensi yang disyaratkan oleh BAN-PT.

“Yaitu memiliki kemampuan sebagai Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal. BAN-PT telah melaksanakan assesment terhadap Program Studi (Prodi) di lingkungan Akademi Militer dan assesment terhadap institusi Akademi Militer, maka menjadi kewajiban dan tuntutan di masa depan bagi Akademi Militer sebagai lembaga pendidikan  tinggi, untuk melaksanakan Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal pendidikan di Akademi Militer,” jelas Direktur Penelitian dan Pengembangan  (Dirlitbang) Akademi Militer Kolonel Inf Terry Tresna Purnama, S.I.Kom mewakil Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., saat membuka acara Penataran Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal T.A. 2018.

Saat itu, penceramah acara yaitu Dr. Leni Sophiaheliani, ST., M.Sc., beserta tim dari UGM Yogyakarta, dan rombongan. Pada acara tersebut dihadiri para pejabat Distribusi A dan B dan segenap Organik Akmil, baik Militer maupun PNS terkait, sejumlah 30 orang di gedung Sumartal Kesatrian Akademi Militer.

Mencermati kondisi yang ada, dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Gadik dan Gapendik Akademi Militer, maka Staf Direktur Pembinaan, Penelitian dan Pengembangan Akademi Militer  bekerja sama dengan para Dosen Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Mereka melaksanakan Penataran Penyelenggaraan Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal Tahun 2018 bagi para Gadik dan Gapendik Akademi Militer, dalam rangka peningkatan Akreditasi Akademi Militer.

Dirlitbang dalam kesempatan tersebut menyampaikan, penataran ini bertujuan untuk menyamakan persepsi para Gadik dan Gapendik Akademi Militer tentang pemahaman dan komitmen bersama  di lembaga Akademi Militer dalam mengimplementasikan Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal untuk meningkatkan akreditasi Akademi Militer. Selain itu, juga untuk menyamakan persepsi para Gadik dan Gapendik Akademi Militer  tentang pemahaman dan komitmen bersama  di lembaga Akademi Militer, dalam mengimplementasikan Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal untuk meningkatkan Akreditasi Akademi Militer.

Pelaksanaan penataran kali ini diikuti oleh sejumlah Gadik/Gapendik Akademi Militer sebanyak 30 orang, mulai dari 26 sampai  30 November 2018. Dengan materi penataran diantaranya : Penyusunan dokumen Sistem Penjaminan Mutu, Penyusunan dokumen Audit Mutu Internal, Pelaksanaan Audit Mutu Internal, Implementasi SPMI dan AMI pada Program Studi di Akademi Militer dan Kebijakan tentang Sistem Penjaminan  Mutu dan Audit Mutu Internal. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?