Daerah Kegiatan

Penhumas Akmil Dukung Cegah Penyebaran Covid-19

MAGELANG – Segenap personel Penhumas dan keluarga melindungi diri dari virus Corona dengan mengetahui fakta-fakta terkait virus Corona (Covid-19). Serta mengambil langkah pencegahan sesuai petunjuk dan arahan dari Komando atas.

Demikian ditekankan oleh Kapenhumas (Kepala Penerangan dan Hubungan Masyarakat) Akmil Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, S.I.P. Imbauan itu ditegaskan saat memimpin Apel Pagi anggota Penhumas Akmil, Selasa (13/10/2020).

Selanjutnya, Letkol Kukuh menandaskan Penhumas Akmil mendukung pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga guna mencegah penyebaran Covid-19 tidak henti-hentinya manaati disiplin protokol kesehatan. Yaitu mencuci tangan secara rutin, gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan (disinfektan) sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

Kemudian Kapenhumas juga mengingatkan untuk selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin. Mengenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan.

“Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut. Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan lengan atau tisu. Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan.

Dikatakan Letkol Kukuh, jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis. Telepon terlebih dahulu piket kesehatan agar penyedia layanan kesehatan dapat segera mengarahkan penderita ke fasilitas kesehatan yang tepat.

“Tindakan ini akan melindungi kita serta mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya,” lanjut Kapenhumas.

Di sisi lain Kapenhumas juga menyampaikan kepada anggota Penhumas Akmil untuk jangan mudah percaya dengan berita negatif tentang virus Corona. Terlebih pada kabar tentang orang meninggal yang belum tentu penyebabnya dari virus Corona.

Letkol Kukuh menjelaskan, orang meninggal karena Corona dinyatakan dengan surat resmi dari rumah sakit setempat, ditangani dengan prosedur Covid-19. Kemudian dibawa ambulance oleh petugas kesehatan Covid-19 dengan Alat Pelindung Diri (APD).

“Serta dikawal secara khusus oleh petugas TNI dan Polri setempat yang ditunjuk, untuk prosesi pemakaman,” tandas Letkol Kukuh.

Selesai apel pagi anggota Penhumas melaksanakan olahraga bersama berupa jalan santai sesuai rute yang telah ditentukan. Olahraga itu diawali senam peregangan dan pemanasan di Taman Meriam Akmil. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?