Daerah Kegiatan

Guna Tetapkan UUD KBM, DPM UNIMMA Gelar Sidang Forum Mahasiswa

MAGELANG – Dengan mengusung tema “Semangat Berkonstitusi untuk Mewujudkan Universitas yang Berintegritas” Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Sidang Forum Mahasiswa. Sidang dibuka oleh Wakil Rektor 1 UNIMMA, Puguh Widiyanto bertempat di Aula Fikes UNIMMA, Rabu (5/8/2020). Karena masih dalam masa pendemi Covid-19, pelaksanaan Sidang Forum Mahasiswa dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

­Kegiatan Sidang Forum Mahasiswa merupakan kegiatan pertama kali sejak DPM UNIMMA berdiri. Kegiatan itu bertujuan membahas, menetapkan dan mengesahkan Undang-Undang Dasar Keluarga Besar Mahasiswa (UUD KBM) Universitas Muhammadiyah Magelang. Di mana hal itu, selama ini menjadi permasalahan seluruh organisasi mahasiswa di lingkungan UNIMMA.

Ketua DPM UNIMMA, Totok Priyo mengatakan UUD KBM sebelumnya dirancang oleh Komisi 1 DPM UNIMMA selama lebih kurang satu minggu. Kemudian disempurnakan kembali oleh delegasi DPM UNIMMA (Totok, Sandi, Sakia), BEM UNIMMA (Anjas, Nanda) dan Korkom IMM (Triyo, Yahya, Fauzi) selama empat hari.

“Selanjutnya UUD KBM disidangkan pada saat pelaksanaan Sidang Forum Mahasiswa,” ujar Totok.

Pelaksanaan Sidang Forum Mahasiswa yang dijadwalkan sehari pada hari Rabu (5/8/2020) pukul 08.30-06.30 WIB atau lebih kurang 11 jam. Sidang dilanjutkan kembali di pada hari Sabtu, (8/8/2020) di Ruang 206 Fakultas Hukum pukul 09.00 WIB, dan selesai pukul 03.00 WIB atau Ahad pagi (9/8/2020). Sidang Forum Mahasiswa sendiri berjalan cukup alot saat membahas pasal tertentu, namun bisa dicairkan oleh panitia penyelenggara hingga selesai.

Ketua Panitia Sidang Forum Mahasiswa mengaku bangga dan berterima kasih kepada seluruh Panitia, Presidium Sidang, Tim Perancang, dan peserta sidang dari seluruh Delegasi Organisasi Mahasiswa. Di mana telah mengsukseskan acara Sidang Forum Mahasiswa hingga pengesahan.

Hafifah dan Sakia mengaku pertama kalinya merasakan atmosfer Sidang Forum Mahasiswa. “Sebagai anggota baru, keikutsertaan dalam kegiatan ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Karena ini berarti kami telah menyelesaikan program kerja Komisi 1 DPM UNIMMA, yaitu Sidang Forum Mahasiswa,” ungkapnya.

Pengalaman luar biasa juga dirasakan Suyoko sebagai Presidium Sidang, baginya banyak sekali pembelajaran yang diambil untuk memimpin jalannya persidangan.

“Luar biasa, Alhamdulillah saya dapat memimpin jalannya sidang hingga berakhir dengan semangat dan motivasi dari Tim Perancang dan panitia penyelenggara,” ucapnya.

Sementara seorang peserta sidang, M. Lutfi Kurniawan mengatakan, dengan disahkan UUD KBM UNIMMA melalui Sidang Forum Mahasiswa, saya berharap UUD KBM dijadikan dasar untuk keluarga besar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang. Yaitu dalam melaksanakan kegiatan, koordinasi, dan konsolidasi bersama agar tercapainya euforia yang dapat terus berjalan hingga generasi-generasi KBM selanjutnya,” katanya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?