Daerah Kegiatan

Secara Virtual, Danjen Akademi TNI dan Kalemdiklatpol Bekali Capaja TNI dan Polri

MAGELANG – Diperlukan banyak bekal sebelum terjun langsung ke lapangan dalam pengabdian diri terhadap bangsa dan negara. Hal itu perlu dimiliki oleh para Calon Perwira Remaja (Capaja) dan calon anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sehingga berbagai pembekalan wajib diikuti sebagai langkah awal pengabdian.

Terkait hal itu, dilakukan pembekalan secara virtual kepada 254 Capaja di gedung Moch Lily Rochli, kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang, Rabu (8/7/2020). Kepala Penerangan Hubungan Masyarakat Akmil (Kapenhumas) Letkol Arm Kukuh Dwi Antono mengatakan pembekalan itu dalam rangka menuntaskan rangkaian kegiatan Praspa (Prasetya Perwira).

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI I Gde Agit Tomas. Juga dihadiri para Pejabat Distribusi Akademi Militer dan Para Pengasuh serta 254 Capaja (Calon Perwira Remaja) TNI AD.

Pembekalan secara virtual disampaikan oleh Danjen Akademi TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr. (Han). Serta Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, M.Si.

Secara online, Danjen Akademi TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr. (Han) memberikan pembekalan dengan tema The Real World”. Tema itu menjelaskan proses panjang perubahan dan pengembangan diri. Antara lain meliputi keyakinan adalah pintu sukses, tindakan adalah kuncinya, sukses adalah pilihan, mulailah dengan keputusan. Selanjutnya, Danjen menekankan kepada para Capaja tentang pentingnya berkompetisi yang dimulai dari diri sendiri.

“Berkompetisilah dengan dirimu sendiri, yang meliputi pengendalian diri, introspeksi diri, isi kapasitas diri, belajar dari pengalaman, bertanggung jawab”.

Di akhir pembekalan, Danjen Akademi TNI memberikan pendapat dan gagasannya, bahwa pemimpin yang kompeten dapat memanfaatkan pasukannya yang buruk, tetapi pemimpin yang buruk akan merusak pasukannya yang hebat sekalipun.

Pembekalan virtual selanjutnya dari Kalemdiklat Polri Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, M.Si yang menyampaikan tema “Jadilah perwira pemimpin yang unggul dan berintegritas”. Di awal pembekalan Kalemdiklat menyampaikan selamat kepada para Capaja yang akan dilantik menjadi Perwira Remaja. Pelantikan itu menandai dimulainya pengabdian serta awal perjalanan meniti karier yang sangat panjang menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks.

Komjen Arief Sulistyanto menegaskan kepada para peserta untuk jangan pernah berhenti untuk belajar dan berlatih. Serta senantiasa berintrospeksi untuk mengasah diri dan meningkatkan kemampuan kompleksitas hubungan sosial serta perkembangan zaman yang berubah dengan cepat dan pesat. Hal itu menuntut untuk terus mengembangkan kompetensi agar dapat berpikir dan mengambil keputusan yang tepat dengan menyesuaikan perkembangan situasi.

“Jadilah pemenang dalam kompetisi yang semakin ketat,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri, Komjen Arief Sulistyanto menekankan kepada para peserta untuk menjadi perwira pemimpin yang unggul dan berintegritas, perwira yang tanggap, tanggon, dan trengginas. Kelak bisa menjadi pemimpin yang kuat, memiliki karakter kebangsaan dan selalu setia kepada NKRI sebagai Bhayangkara Negara.

“Bangun soliditas dan solidaritas TNI-POLRI sebagai garda terdepan dan pilar utama dalam menjaga tegak dan kokohnya kedaulatan bangsa dan Negara. Kejarlah mimpi untuk menjadi pemimpin yang tangguh, visioner dan menjadi teladan dalam sikap dan perilaku,” pesan Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, M.Si. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?