Advertorial Kegiatan

Inilah Pesan-Pesan Dankodiklat TNI Kepada Calon Prajurit Siswa

MAGELANG - Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia (Dankodiklat TNI) Mayor Jenderal TNI Dr. Sudirman, S.H., M.H., M.M. membuka Pendidikan Pertama bagi Perwira Prajurit Karier (Pa PK) TNI TA 2021. Peserta pendidikan berjumlah 246 orang, terdiri 244 pria dan 22 wanita. Pembukaan dilaksanakan di lapangan Sapta Marga Akademi Militer (Akmil) Magelang, Rabu (6/1/2021).

Pada kesempatan itu Dankodiklat TNI memberikan ucapan selamat kepada para Calon Prajurit Siswa (Caprasis) yang telah lulus dari seleksi, untuk mengikuti pendidikan yang sangat kompetitif ini. Hal tersebut harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar para Caprasis kelak menjadi seorang Prajurit TNI yang berkualitas dan dapat dibanggakan.

Mayjen TNI Sudirman menegaskan, para Caprasis akan beralih status dari warga negara sipil menjadi Prajurit Siswa yang akan dipersiapkan menjadi prajurit karier. Kesiapan mental sangat menentukan saat pendidikan.

“Oleh karena itu siapkan fisik dan mental kalian untuk menghadapi dinamika pendidikan yang tinggi. Jangan mengeluh dan harus mampu menyelesaikan seluruh permasalahan di bawah bimbingan para pembina maupun pengasuh yang selalu bersama-sama kalian,” tegasnya.

Para Calon Prajurit Siswa (Caprasis) Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier TA 2021. (foto: Narwan Siedoo)

Selanjutnya, Dankodiklat TNI memberikan penekanan berupa pesan kepada Caprasis untuk dipedomani dan dilaksanakan. Pesannya yaitu: Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika. Agar Caprasis memiliki ketenangan jiwa dan kejernihan pikiran selama mengikuti pendidikan.

Kedua, persiapkan diri dengan sebaik-baiknya, belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh. Karena belajar dan berlatih adalah tugas pokok siswa dan laksanakan semua norma, peraturan, tata tertib, petunjuk, dan pengarahan para pembimbing dan pelatih dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Ketiga, jaga kesehatan dan kondisi fisik agar mampu mengikuti setiap tahap pendidikan. Keempat, pelihara hubungan yang harmonis antar sesama Prajurit Siswa dan juga dengan para Taruna, serta pupuk soliditas dan semangat integrasi antarmatra. Kelima, tingkatkan keuletan dan ketangguhan mental yang dilandasi sikap disiplin dan tekad yang membaja.

“Karena perjalanan menuju cita-cita masih panjang dan sarat dengan tantangan dan ujian,” pesan Mayjen TNI Sudirman.

Upacara pembukaan pendidikan Pa PK TNI Tahun Akademi 2021 dihadiri oleh Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han), Dirdik Kodiklat TNI, Dirum Kodiklat TNI. Juga hadir Danpusdikma Kodiklat TNI Brigjen TNI Heriyanto, Dirum Akmil Brigjen TNI Agus Prangarso, S.Sos serta para undangan lainnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?