Tokoh

Jerome Polin, Si Peraih Beasiswa di Jepang 'Doyan' Unggah Video tentang Matematika

Siedoo, Peraih beasiswa penuh S1 di negeri Sakura Jepang, Jerome Polin, menjadi idola baru kalangan muda. Pria yang bercita-cita menjadi Menteri Pendidikan ini berhasil mendapatkan beasiswa full S1 di Universitas Waseda Jepang.

Jerome Polin Sijabat atau lebih dikenal dengan Jerome Polin, laki-laki kelahiran Surabaya 2 Mei 1998 ini, berhasil menjadi mahasiswa matematika di Universitas Waseda Jepang pada tahun 2016. Untuk meraih beasiswa tersebut, ia harus melewati empat kali tes masuk. Dan, hanya dua dari Indonesia yang berhasil mendapatkan beasiswa tersebut. Akhirnya Jerome berhasil mewujudkan cita-cita bersekolah di luar negeri.

Jerome sudah bercita-cita tinggi sejak SD, karena sering melihat teman-temannya pergi keluar negeri membuat Jerome bersemangat untuk berkuliah di luar negeri. Saat lulus dari bangku SMP, Jerome masuk 10 besar nilai Ujian Nasional tertinggi se Jawa Timur, dan melanjutkan sekolahnya di SMAN 5 Surabaya.

Keinginannya untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri semakin besar, ia pun sering mengikuti Olimpiade dan menjadi siswa berpartisipasi agar kesempatannya semakin luas untuk mendapatkan beasiswa luar negeri.

Dikutip dari medcom.id Jerome berhasil meraih beberapa prestasi seperti:

  • Juara 1 Olimpiade Nasional Industrial Engineering ITS 2006
  • Juara 2 Regional Olimpiade Farmasi Nasional UNAIR 2015
  • Juara 3 Olimpiade Matematika tahun 2014 the winner 14th Japanese Speech contest, Suginami Association.

Selain itu setelah menjadi mahasiswa di Jepang, Jerome juga berhasil memenangkan juara pidato di Jepang. Meski baru belajar bahasa Jepang 5 bulan Jerome mampu mengalahkan kontestan dari negara lain seperti Nepal, Vietnam, China dan Taiwan.

Walaupun saingannya telah belajar bahasa Jepang hingga 2 tahun, namun tidak membuat Jerome berkecil hati. Karena kemampuannya ia berhasil mendapatkan predikat terbaik. Bahkan fotonya dijadikan poster perlombaan 2018.

Sebelum lolos di Universitas Waseda di Jepang, Jerome pernah ikut tes beasiswa di Universitas Teknologi Nanyang, Singapura. Sudah lolos juga sayangnya Joreme belum mendapatkan beasiswa full. Melainkan, hanya beasiswa separuh karena tidak ingin membebani orang tua akhirnya Jerome pun melepaskan beasiswa tersebut.

Kini nama Jerome semakin banyak dikenal oleh kalangan muda setelah ia aktif membagikan kegiatannya menjadi mahasiswa Indonesia di Jepang melalui media sosial You Tube yang diberinama Nihongo Mantappu.

Diketahui kini akun You Tube milik Jerome memiliki jumlah subscriber sebanyak 2.53 juta subscriber. Kekhasan dari Joreme adalah selalu mengunggah video tentang matematika, salah satunya adalah battle matematika.

Kawan battlenya beragam diantaranya adalah kawan sekelasnya di Jepang, teman lama saat di Indonesia bahkan salah satu tutor bimbingan belajar.

Di usia 20 tahun Jerome mampu membuat buku sendiri. Buku tersebut berjudul Mantappu Jiwa, buku ini berisi seputar Matematika, kutipan motivasi penyemangat dan kisah perjuangannya.

Dikutip dari idntimes.com Joreme memberikan 5 tips dapatkan beasiswa Luar Negeri.

  1. Berkomitmen mau belajar giat mengumpulkan prestasi sebanyak-banyaknya.
  2. Pantang menyerah, berusaha mampu menyelesaikan soal sulit.
  3. Tangkap peluang dan berani mencoba.
  4. Gak hanya berusaha, berdoa juga penting.
  5. Bersungguh-sungguh dalam bekerja keras demi mencapai target. (*)
Apa Tanggapan Anda ?