Opini Tokoh

Pemeliharaan Sehat, Amanah yang Harus Diterima Manusia

Siedoo, Sejatinya manusia diciptakan dalam bentuk raga yang sebaik-baiknya dan jiwa yang sempurna, seperti tersurat dalam ayat berkut :

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْۤ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ  ۖ

"Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya"
[QS. At-Tin: Ayat 4]

وَنَفْسٍ وَّمَا سَوّٰٮهَا ۖ   ۙ

"Demi jiwa serta penyempurnaan (ciptaan) Nya"
[QS. Asy-Syams: Ayat 7]

Inilah makna sehat secara holistik, yaitu pemahaman bahwa, manusia diciptakan dengan bentuk raga yang paling baik dan jiwa yang sempurna. Berarti tidak ada manusia yang jelek dan diciptakan cacat. Manusia diciptakan dalam kondisi sehat, inilah fitrah manusia.

Namun, akankah fitrah ini akan kekal? Jawabannya tidak! Semua hal yang ada di dunia ini pasti memiliki batas waktu, seperti yang tersurat dalam ayat berikut :

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ  ؕ  وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً   ؕ  وَاِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ

"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami"
[QS. Al-Anbiya: Ayat 35]

Dan agar tubuh selalu dalam kondisi layak dan dapat digunakan (usia pakai) dengan baik, dibutuhkan pemeliharaan. Pemeliharaan sehat inilah, amanah sehat yang harus diterima oleh setiap manusia. Raga dan jiwapun membutuhkan pemeliharaan. Tubuh tidak akan otomatis sehat, setelah terlahir dengan sempurna di dunia akan terus sehat.

Pemeliharaan sehat harus selalu dilakukan secara istiqomah dengan mengikuti aturan-aturan Allah, seperti tersurat dalam kitab suci dan contoh para Nabiullah dan Rasulullah. Inilah amanah sehat seiring dengan lahirnya seseorang di dunia.

Seseorang yang mau melakukan delapan amanah sehat adalah sebagai berikut :

  1. Mau merubah pola pikir (mindset) sakit ke mindset sehat, secara holistik,
  2. Mau melakukan proses awal sehat raga berupa proses detoksifikasi raga seperti : berpuasa, makan makanan alami, minum madu, dan bekam,
  3. Mau melakukan proses awal sehat jiwa berupa proses detoksifikasi jiwa seperti : muhasabbah (instropeksi diri), mengingat dosa masa lalu, mohon ampun (istighfar dengan kalbu dengan menangis di keheningan 1/3 malam terakhir), berpikir positif, menjadi bahagia setiap hari,
  4. Mau menjalani proses awal sehat yang dikenal dengan nama "healing crisis",
  5. Mau mengunjungi rumah-rumah sehat holistik,
  6. Mau berkonsultasi dengan konsultan sehat holistik (dapat seorang dokter atau bukan),
  7. Mau rutin mengkonsumsi produk sehat alami (investasi sehat),
  8. Mau merancang pola hidup sehatnya secara holistik dan melakukannya secara istiqomah (berkesinambungan).

Harapan seseorang yang menjaga amanah sehatnya adalah untuk meminimalisir risiko sakit sejak dini. Terutama, penyakit-penyakit degeneratif diusia di atas 30 tahun.

Indikator sehatnya adalah minimnya keluhan dan jarangnya sakit, serta bila terlanjur sakit mudah pulih dengan sendirinya. Postur tubuhnya ideal dengan ukuran lingkar pinggang pria < 90 cm,  dan wanita<80 cm tanpa memperhitungkan berapapun tinggi badannya.

Semoga bermanfaat. Salam sehat holistik!

 

 

*dr. Medi Wirawan, DFM, MPH
Dokter Konsultan Sehat Holistik

Apa Tanggapan Anda ?