Kompetisi Matematika Online. l sumber : kompas.com

Nasional

Kini Ada Kompetisi Matematika Online, Simak Ketentuannya


JAKARTA – Biasanya kompetisi matematika dilakukan secara manual. Tetapi kalau ini dilakukan secara online. Dalam kompetisi nasional bertajuk Eduversal Mathematics Competition (EMC) 2019 akan diselenggarakan Oktober-November mendatang.

Pendaftaran EMC sudah dibuka sejak 1 Juli dan akan berakhir 5 Oktober mendatang. Untuk penyelenggaraannya melalui dua tahap, penyisihan dan final.

Dalam setiap tahapnya tersedia hadiah untuk para pemenang, Adapun pembagian hadiahnya tahap penyisihan Rp 500 ribu untuk 10 besar pada tiap level kelas. Tahap final final juara 1 Rp 5 juta, juara 2 Rp 3 juta, juara 3 Rp 2 juta. Dan, honorable mention Rp 1 juta, pada tiap level kelas.

"Ajang EMC akan berlangsung pada Oktober dan November 2019. Sedangkan pemberian penghargaan untuk para pemenang akan dilaksanakan pada Februari 2020," kata Direktur Edukasi Universal (Eduversal) Indonesia Dwi Prajitno dilansir dari jpnn.com.

Kompetisi ini sangat berbeda dengan lomba lainnya. Dalam EMC, semua siswa kelas 5-11, bahkan kesetaraan bisa mendaftar. Tidak harus utusan sekolah, tapi bisa secara pribadi.

Kompetisinya dilakukan per level. Misalnya, kelas 5 diadu dengan selevel, bukan tingkat 6 sampai 11. Dengan demikian, siswa lebih bersemangat untuk menguji kemampuannya.

Dijelaskan, semua soal dibagi menjadi tiga, easy, medium, dan hard. Yang hard level soalnya seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN). “Di final 50 persen soal hard, sisanya medium dan easy," tandasnya.

Melansir dari kompas.com, adapun syarat pesertanya :

1. Peserta siswa SD/MI/ SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sederajat se-Indonesia untuk kelas 5-11  ditunjukkan dengan surat keterangan dari sekolah.

2. Mengisi formulir dan melunasi biaya pendaftaran secara online sebelum tanggal 5 Oktober 2019 dengan membayar biaya perorangan sebesar Rp 50.000, dan Rp 5.000 biaya admin atau pendaftaran kolektif sebesar Rp 45.000,- (minimal 100 siswa dari satu sekolah).

3. Mempunyai semua persyaratan yang diperlukan saat ujian online yaitu PC, laptop atau smartphone. Pihak panitia menyarankan menggunakan komputer atau laptop mengingat penggunaan smartphone dapat mempengaruhi tampilan.

Dalam, babak penyisihan akan diadakan secara online pada Sabtu, 12 Oktober 2019 pada pukul 09.00–10.00 WIB (atau 10.00–11. 00 WITA / 11.00–12.00 WIT). Soal akan diberikan dalam bentuk 40 pilihan ganda dan 5 isian singkat.

Peserta tidak bisa mengulang atau mengerjakan soal yang sama jika sudah menekan soal selanjutnya. Untuk pengumuman babak penyisihan akan dilaksanakan pada Sabtu, 19 Oktober 2019  dilaman resmi emc.kompetisi.net.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 150 peserta akan dipilih untuk terbaik nasional atau 50 terbaik pada tiap test center untuk setiap kelasnya dengan kriteria 10 peserta terbaik Nasional untuk setiap kelas.

Hadiah masing-masing Rp 500 ribu/pemenang akan langsung ditransfer ke masing – masing pemenang. Nilai para peserta yang lolos ke babak final akan ditampilkan di website.

Semua peserta EMC 2019 yang telah mengikuti kompetisi ini akan mendapatkan “E-Certificate Peserta EMC” yang bisa di unduh pada akun EMC masing – masing. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang