Nasional

Enam Bunda PAUD Provinsi Menerima Penghargaan

JAKARTA - Enam Bunda PAUD Provinsi dan 23 Bunda PAUD Kabupaten/Kota mendapat penghargaan dalam ajang Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019. Perlu diketahui, dukungan dan peran Bunda PAUD menjadi salah satu strategi dalam menghadirkan layanan PAUD yang berkualitas di Indonesia.

“Kita akan terus bantu dan dukung organisasi seperti Bunda PAUD karena ini luar biasa, sampai ke daerah-daerah, dan aktivitas Bunda PAUD benar-benar  berdampak, yang riil. Dan ini semuanya swakelola, mereka berpartisipasi, berorganisasi sendiri, dan itu luar biasa,” kata Mendikbud Nadiem Makarim.

Ia juga mengapresiasi peran masyarakat secara umum, dan Bunda PAUD secara khusus, dalam mengambil tanggung jawab di bidang pendidikan. Karena mereka yang lebih dekat ke masyarakat.

“Jadi saya senang banget melihat masyarakat yang mengambil beban ini dan melaksanakannya dengan baik dan itikad yang baik seperti Bunda PAUD. Ini saya salut sekali dengan Bunda PAUD,” katanya.

Bunda PAUD adalah predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintah dan kepala daerah (presiden, gubernur, bupati/walikota, camat, kepala desa/lurah) atau disandang langsung oleh kepala pemerintahan dan kepala daerah perempuan yang merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini, 0-6 tahun.

Apabila kepala pemerintahan atau kepala daerah tidak atau belum memiliki pasangan maka peran Bunda PAUD di wilayah tersebut didelegasikan kepada istri dari wakil kepala pemerintahan atau kepala daerah yang bersangkutan. Keberadaan Bunda PAUD guna mendukung terwujudnya layanan PAUD Berkualitas.

Kemendikbud juga telah membuat Pedoman Peran Bunda PAUD secara optimal, yang berisi norma, standar, prosedur, kriteria (NSPK) Bunda PAUD sebagai acuan di lapangan.

Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan guna mendorong peran Bunda PAUD dalam mewujudkan peningkatan akses dan mutu layanan PAUD yang berkualitas.

Pada Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019, sebanyak enam Bunda PAUD Provinsi dan 23 Bunda PAUD Kabupaten/Kota menerima penghargaan dari Kemendikbud.

Penghargaan diberikan langsung oleh Ibu Wakil Presiden Wuri Estu Handayani Maruf Amin, di Balai Kartini, Jakarta, Senin (18/11/2019). Turut mendampingi Ibu Wapres, Mendikbud Nadiem Makarim dan istri, Franka Franklin Makarim.

Enam Bunda PAUD Provinsi yang menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah Bunda PAUD Provinsi Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT; Bunda PAUD Provinsi Bangka Belitung, Hj. Melati Erzaldi, SH.

Lalu Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Selatan, Hj. Raudatul Jannah Sahbirin, SKM., M.Kes; dan Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Utara, Ir. Hj. Rita Ratina, MP; Bunda PAUD Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE., M.Sc, dan; Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Liestiaty Fachrudin, M.Fish. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?