Para siswa dan guru foto bersama dengan TNI. Wisata militer ini untuk memperkenalkan alutsista kepada para siswa.

Daerah

Wisata Militer, Menambah Cinta Tanah Air


MAGELANG – Mengunjungi kawasan satuan militer menjadi hal yang sangat luar biasa bagi sebagian orang. Salah satunya pada siswa PAUD Bintang Kasih yang melakukan kunjungan di Armed 11 Konstrad. Wisata militer ini sebagai upaya memupuk rasa kebangsaan dan cinta tanah air pada masyarakat Magelang. Khususnya bagi anak-anak usia dini.

Wisata militer ini juga turut membantu terselenggaranya proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Dimana kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan semangat dan cita-cita siswa sekolah di usia dini.

Dalam kegiatan wisata militer, para siswa-siswi Paud Bintang Kasih Kota Magelang menerima pengarahan yang diberikan Danrai Ma Kapten Arm Wahyu Kuncoro tentang profil satuan, alutsista Meriam 76/mm dan Gamad pakaian PDL TNI, NKRI, Kostrad, pakaian PDH, pakaian PDU I, pakaian PDU IV. Selanjutnya melaksanakan tanya jawab dan foto bersama.

Kepala Sekolah PAUD Bintang Kasih Kota Magelang Ika Hartaty mengatakan kegiatan wisata militer di sekolah baru kali ini dilaksanakan. Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak Yonarmed 11/1/2 Kostrad yang telah bersedia menggelar alutsista.

“Dan memberikan ilmu tentang TNI yang sebelumnya tidak diketahui oleh para siswa siswi kami,” katanya.

Semantara itu, Danyonarmed 11/1/2 Kostrad Mayor Arm Siswo Budiarto, SIP MM mengatakan kegiatan wisata militer satu bentuk kegiatan bidang teritorial. Khususnya pembinaan teritorial satuan Yonarmed 11/1/2 Kostrad bekerjasama dengan pihak luar. Salah satunya sekolah Paud Bintang Kasih Kota Magelang menyelenggarakan wisata militer yang diikuti 98 siswa.

Selama mengikuti kegiatan, para siswa -siswi didampingi orangtua masing-masing. Siswa terlihat sangat bersemangat dalam mendengarkan materi-materi yang diberikan penyelenggara kegiatan.

“Kami melaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada anak-anak sejak usia dini. Selain itu, untuk memperkenalkan TNI secara lebih dekat. Mereka juga dapat melihat secara langsung Alutsista dan prajurit Yonarmed 11/1/2 Kostrad yang mempunyai tugas utama mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”kata Danyon.

Apa Tanggapan Anda ?