Demontrasi di depan Gedung DPR RI, September kemarin. l foto : tagar.id.

Daerah

DPR RI Siap Buka Ruang Diskusi dengan Mahasiswa


JAKARTA - Runtutan unjuk rasa yang belakangan ini terjadi baik di Jakarta atau kota besar lainnya mendapat respons dari Ketua DPR RI Puan Maharani. Politisi PDI Perjuangan ini berharap hendaknya demonstrasi dilakukan secara tertib dan santun.

Pihaknya pun siap membuka ruang diskusi dengan mahasiswa apabila mahasiswa kembali menggelar demonstrasi di depan Gedung DPR RI.

Puan mengatakan, pihaknya memahami aksi demo mahasiswa untuk menyampaikan tuntutan, tetapi ia juga meminta mahasiswa untuk mendengarkan penjelasan dari DPR.

"Jadi selama itu dilakukan secara tertib dan santun kita tentu akan membuka ruang, DPR ini sebagai rumah rakyat dengan aturan-aturan dan tata tertib yang ada," ujar Puan dilansir dari laman dpr.go.id.

Pimpinan dewan yang baru di Senayan ini menyatakan, DPR RI akan membuka ruang bagi mahasiswa untuk berdialog membicarakan berbagai isu termasuk Undang-Undang KPK hasil revisi.

"DPR itu rumah rakyat, kita membuka ruang seluas-luasnya selama aspirasi rakyat itu dilakukan secara sopan santun," kata Puan.

Dia pun menegaskan kembali, hendaknya penyampaian aspirasi yang dilakukan oleh para mahasiswa bisa disalurkan secara tertib.

"Kita siap berdiskusi tetapi bukannya beramai-ramai datang kemudian tidak tertib dan meminta keinginan mereka tanpa meminta penjelasan dari kita," tandas Puan.

Sebagaimana diketahui, melansir dari tagar.id, sebelumnya unjuk rasa elemen mahasiswa dari sejumlah universitas berlangsung di depan Gedung DPR Jakarta pada 23-24 September 2019.

Aksi gabungan sejumlah BEM kampus tersebut menuntut ditunda pengesahannya sejumlah RUU kontroversial seperti RUU KUHP, RUU Pertanahan, RUU Permasyarakatan, atau RUU SDA, diiringi penolakan disahkannya revisi UU KPK.

Selain itu demonstrasi mahasiswa ini juga menuntut agar merestorasi upaya pemberantasan KKN, merestorasi demokrasi hak akyat untuk berpendapat, penghormatan perlindungan dan pemenuhan HAM, dan keterlibatan rakyat dalam proses pengambilan kebijakan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?