Internasional

UM Magelang dan Tokyo University of Technology Jalin Kerja Sama

TOKYO - Peningkatan kerja sama luar negeri terus dilakukan Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang. Terbaru universitas yang terletak di Jawa Tengah ini menjalin kerja sama dengan Tokyo University of Technology. Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani di Tokyo University of Technology, Kamis (10/10/2019).

Penandatanganan MoU dilakukan Ir. Eko Muh Widodo, MT dengan Dr. Isao Karube, President of TUT. Dalam MoU disebutkan kerja sama yang akan dilakukan dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang Pendidikan dan Penelitian antara lain program magang, pertukaran mahasiswa, double degree, simposium dan workshop, kolaborasi penelitian dan makalah jurnal, serta kegiatan pendukung lainnya.

“Melalui MoU tersebut diharapkan UM Magelang dapat memperluas jaringan kerjasamanya baik dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Eko usai penandatanganan MoU.

Acara yang difasilitasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Wilayah 6 Jawa Tengah juga dihadiri oleh beberapa perwakilan PTS yang tergabung dalam Aptisi.

Sebelumnya UM Magelang juga telah berkali-kali menjalin kerjasama dengan PT luar negeri, baik di ASEAN maupun Eropa. Salah satu universitas yang pernah bekerja sama dengan UM Magelang adalah Hebei Normal University Tiongkok. Selain itu, beberapa fakultas seperti Fakultas Teknik juga telah menjalin kerjasama dengan PT di Jepang, India, dan Italia.

Demikian juga dengan Fikes yang telah menjalin kerjasama dengan beberapa PT di Thailand dan Filipina. Serta FKIP yang menjalin kerjasama dengan beberapa PT di negara ASEAN seperti Malaysia. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?