Koramil 15/Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah melatih PBB siswa SMAN I Dukun. | foto : Siedoo

Daerah

PBB Dapat Dijadikan Bekal bagi Kehidupan di Masyarakat


MAGELANG - Pelatihan Baris Berbaris bertujuan untuk meningkatkan kekompakan gerakan dan kedisiplinan. Dengan latihan ini diharapkan tertanam sikap disiplin pada para siswa.

"Sehingga mampu menerapkannya, baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing," kata Babinsa Koramil 15/Dukun Kodim 0705/Magelang Serma Eka Widiyanta saat melaksanakan Pelatihan Baris Berbaris kepada siswa SMAN I Dukun, Kabupaten Magelang  Jawa Tengah.

Sebanyak 142 siswa mengikuti kegiatan itu, yang dilaksanakan di halaman sekolah setempat. Latihan ini dalam rangka membina kedisiplinan generasi muda sejak dini.

Ia mengatakan, latihan PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah. Yaitu, melatih daya konsentrasi, melatih kekompakan dalam gerakan, belajar mendengar aba-aba perintah dan patuh serta belajar untuk mengatur emosi.

Andi siswa kelas X IPS yang ikut dalam latihan ini mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Koramil merupakan kegiatan yang bagus. Ini karena PBB mengajak siswa untuk saling bekerja sama serta melatih disiplin.

"PBB sangat bagus untuk membentuk mental dan disiplin," ujar Andi.

Sementara itu, Kepala SMAN I Dukun Drs. Marjono,M.Pd mengatakan, kegiatan ini sangat positif sekali karena sebagai upaya melatih kedisiplinan. Serta dalam rangka pembinaan generasi muda untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara.

PBB juga bisa untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman. Itu agar bisa hidup disiplin dalam segala hal. Sehingga, dapat dijadikan bekal bagi kehidupan di masyarakat, bangsa dan negara.

"PBB bisa dijadikan bekal untuk memupuk dan meningkatkan disiplin dalam kehidupan," kata dia. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang