Serma Pangadi memberikan pengenalan PBB untuk menummbuhkan sikap dan mental yang handal di SDN 2 Mranggen Srumbung, Kabupaten Magelang, Jateng.

Daerah

Bela Negara Sasar Siswa SD di Lereng Merapi


MAGELANG – Kegiatan Bela Negara tidak hanya dilaksanakan di kawasan perkotaan semata. Anak-anak pedesaan di wilayah Lereng Merapi juga menjadi sasaran program tersebut. Sekolah Dasar (SD) Negeri Mranggen 2 Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah salah satu yang menjadi saksi kegiatan Bela Negara dan pengenalan wawasan kebangsaan.

Wawasan kebangsaan dan bela negara perlu diberikan secara dini kepada siswa-siswi SD agar jiwa nasionalisme, patriotisme tumbuh sejak dini. Materi yang diberikan adalah materi – materi ringan namun menunjang dan menumbuhkan rasa bangga terhadap bangsa Indonesia.

Babinsa Mranggen Koramil 16 Srumbung Kodim 0705/Magelang Sersan Mayor Pangadi memberikan pengenalan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada siswa kelas 5 SD Negeri Mranggen 2 Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang Rabu (20/9/2017). Anak – anak diajari menyanyi lagu – lagu perjuangan atau lagu wajib nasional. Disamping itu, juga dikenalkan dengan pahlawan yang sudah berjuang demi merdeka dan tegaknya bangsa Indonesia. Untuk menumbuhkan disiplin anak- anak juga dikenalkan latihan baris–berbaris.

Tidak hanya di kawasan Lereng Merapi. Komandan Koramil Srumbung Kapten Inf Sukenang mengatakan, saat ini koramil – koramil di jajaran Kodim 0705/Magelang tengah giat memberikan berbagi kegiatan kepada generasi muda. Khususnya para pelajar guna menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme dan membentuk generasi muda yang berkarakter.

“Kita berikan materi yang ringan namun dapat menumbuhkan rasa nasionalisme” ujar Sukenang.

Pihak SDN Mranggen 2 memberikan apresiasi kepada babinsa yang sudah turut andil dalam membentuk generasi yang berkepribadian. Kegiatan seperti ini diharapkan bisa lebih sering dilaksanakan karena dirasa sangat membantu. Murid – murid lebih senang dan dengan kehadiran tentara menjadikan semangat, dorongan dan motivasi. Sehingga, nantinya anak – anak akan mengikuti sikap dan kedisiplinan seperti tentara.

Apa Tanggapan Anda ?