Daerah

Wisata Air Titik Nol Besutan UNY

MAGELANG - Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah karena telah bersinergi dengan UNY untuk mengembangkan desa wisata di Blaburan. Universitas Negeri Yogyakarta menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat serta kuliah kerja nyata.

Untuk itu Rektor UNY dan perwakilan Bupati Magelang menandatangani kesepakatan kerjasama yang dilaksanakan di Blaburan, Bligo, Ngluwar, Magelang pada Minggu (18/8/2019). Kegiatan ini juga sekaligus meresmikan Kampung Wisata Air Titik 0 Km Jawa Tengah.

“Tim mahasiswa KKN dan tim LPPM UNY telah bisa mengembangkan potensi desa untuk diangkat menjadi desa wisata,” kata Sutrisna Wibawa.

Menurutnya, brand titik nol akan menarik wisatawan berkunjung, sebagaimana brand titik nol Indonesia di Sabang, Aceh atau di Merauke, Papua. Rektor mengusulkan agar ada suatu tempat yang difasilitasi dusun atau desa sebagai pusat kegiatan seperti joglo. Selain merupakan ciri khas Jawa, juga merupakan tempat berkumpul warga dalam bermusyawarah.

Rektor mengingatkan bahwa dalam berwisata pasti orang akan mencari makanan khas dan oleh-oleh dari daerah tersebut. Untuk itu, perlu dikembangkan hidangan kuliner dan cenderamata khas Blaburan. Juga homestay untuk tempat tinggal wisatawan.

Selain menandatangani nota kesepahaman, Rektor beserta jajaran pimpinan UNY juga melakukan monitoring KKN di Blaburan. Bupati Magelang yang diwakili Asisten I Pemerintah Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso mengapresiasi UNY yang telah meresmikan desa binaan Kampung Wisata Air Blaburan, Bligo, Ngluwar, Magelang serta telah banyak memberikan bantuan. Seperti berupa anggaran, pelatihan maupun fasilitas lainnya.

“Pembangunan dan pengembangan pariwisata diarahkan untuk mendorong kesempatan berusaha dan memperoleh manfaat, serta mampu mengikuti tantangan perubahan kehidupan lokal, nasional maupun global,” kata Iwan.

Menurutnya, pariwisata merupakan salah satu sektor yang dikembangkan pemerintah. Untuk itu pariwisata harus berfokus lebih tajam dan mampu memposisikan diri sesuai potensi yang ada dengan diimbangi perencanaan yang matang. Serta, peningkatan sumber daya berkualitas.

Magelang telah mengembangkan pariwisata berbasis budaya lokal yang memiliki ciri khas tersendiri. Harapannya desa wisata air Blaburan dapat menjadi satu destinasi kunjungan wisata yang dapat dibanggakan.

Sementara itu,  Ketua LPPM UNY Suyanta menyampaikan, KKN dan program pengabdian masyarakat di Blaburan telah melakukan beberapa kegiatan. Diantaranya desa binaan, wahana rekreasi dan outbond, pelatihan masak-memasak untuk wisata kuliner serta pembinaan kesenian. Desa ini menjadi desa binaan UNY bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Magelang. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?