Komaruddin Hidayat (kanan) saat mendatangi Mini Bank Syariah. Pria yang lahir di Magelang ini mendukung keberadaan Mini Bank Syariah.

Daerah

Komaruddin Hidayat Sambangi Mini Bank Syariah


MAGELANG – Universitas Tidar (Untidar) Magelang membuka Mini Bank di kampusnya. Mini Bank ini merupakan kerjasama antara Fakultas Ekonomi Untidar dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI)  Syariah Cabang Yogyakarta. Pelayanan Mini Bank terdapat di lantai 1 gedung Fakultas Ekonomi Untidar.

Komisaris BRI Syariah Prof Dr Komaruddin Hidayat menyatakan, Mini Bank Untidar direncanakan menjadi pusat pelatihan perbankan. Ini tidak hanya untuk mahasiswa Untidar.

“Namun, kedepannya instansi atau universitas lain dapat mengikuti pelatihan perbankan disini,” katanya saat berkunjung ke Mini Bank Untidar.

Penataan dan suasana dekorasi bank ini disesuaikan seperti halnya bank pada umumnya. Sistem perbankan yang akan diterapkan pada Mini Bank Untidar akan difasilitasi dari Bank BRI Syariah.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswan, Fakultas Ekonomi Untidar Magelang Dra Lucia Rita Indrawati MSi menjelaskan, Mini Bank Untidar perlu melalui beberapa proses terlebih dahulu sebelum bisa dijadikan pusat pelatihan perbankan. Sebagai persiapan, awal November nanti akan diselenggarakan TOT (training of trainer) pelatihan sistem perbankan dari BRI Syariah Cabang Yogyakarta.

“Peserta untuk TOT yang pertama ini difokuskan kepada dosen dan mahasiswa fakultas ekonomi,” kata Lucia.

Ia juga mengatakan, dalam waktu dekat ini, Mini Bank Untidar difungsikan sebagai laboratorium praktek mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi. Selanjutnya akan dibuka untuk mahasiswa Untidar dari luar Fakultas Ekonomi.  Kedepan juga akan dibuka untuk masyarakat umum.

“Mahasiswa dapat berperan menjadi teller, customer service, analis, dan lainnya, seperti halnya di bank. Namun, praktek di mini bank lebih difokuskan pada pelayanan bank syariah,” jelasnya.

Setiap mahasiswa yang menjalani pelatihan perbankan di Mini Bank Untidar akan mendapatkan sertifikat resmi. Hal ini agar mahasiswa Untidar mendapat “nilai tambah” ketika lulus nanti.

“Sehingga mendapat peluang yang lebih besar ketika ingin meneruskan karir dibidang perbankan,” katanya.

 

Apa Tanggapan Anda ?