Delegasi Racana Soedirman Unsoed saat menerima penghargaan. (foto: unsoed.ac.id)

Nasional

Racana Soedirman Raih Prestasi PIMR VIII Tingkat Nasional


PURWOKERTO – Racana Soedirman, Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman), Purwokerto mengikuti pendidikan instruktur muda racana (PIMR) tahun 2019 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan digelar di Pondok Pemuda Ambarbinangun UNY dan sekitarnya, baru-baru ini.

Racana Soedirman menndelegasikan 4 orang terbagi dalam 3 paket. Yaitu Paket AGina Sopa Saliha dan Sintiya Apriyani, Dedi Priyatno (Paket B), dan Indah Wulan Sari (Paket C).

Ketua Dewan Racana Fendi Trigono mengatakan kegiatan mengangkat tema ‘Bersama, Menempa Diri dan Mengukir Prestasi’ di UNY itu disajikan dalam tiga bentuk kegiatan. Yaitu giat Materi, Giat Lapangan, dan Giat prestasi.

“Giat Materi terbagi atas dua, materi keinstrukturan dan materi per paket. Paket A difokuskan pada Mounthenering dan Pertolongan Pertama. Paket B terfokus pada navigasi darat dan Paket C fokus pada komunikasi lapangan,” katanya dilansir unsoed.ac.id, Kamis (16/5/2019).

Giat Lapangan berupa orientering yang dilakukan sebagai bentuk aplikasi dari materi yang telah diperoleh selama pematerian. Giat Prestasi dalam PIMR VIII terdiri dari beberapa macam lomba yang dilakukan secara individu.

Lomba tersebut diperuntukkan bagi peserta per paket. Paket A terdiri dari lomba keterampilan tali-temali dan lomba pasang ancor. Paket B melombakan keterampilan navigasi darat dan lomba reseksi. Sementara Paket C terdiri atas lomba keterampilan komunilasi lapangan dan lomba setting HT, serta lomba fotografi yang didikuti semua peserta.

“Pada Giat Prestasi tersebut Delegasi Racana Soedirman meraih Juara III lomba keterampilan komunikasi lapangan. Yang diraih oleh Indah Wulan Sari dari Paket C,” jelas Fendi Trigono.

Fendi Trigono mengungkapkan rasa bangga dan bahagia terhadap tim delegasi PIMR yang telah kembali dan membawa ilmu. Prestasi tersebut merupakan prestasi pertama Tingkat Nasional di kepengurusan tahun 2019.

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah

“Semoga dapat memotivasi anggota Racana Soedirman untuk semangat belajar dan meningkatkan prestasi. Harapannya ilmu yang didapat dapat bermnfaat dan disalurkan kepada teman-teman lainnya,” harap Fendi Trigono. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?