SMK Muhammadiyah 2 Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menjalankan program Kegiatan Cinta Sekolah. Hal ini untuk menanamkan kedisiplinan siswa tanpa unsur paksaan.

Daerah

Tanamkan Kedisiplinan dengan Penuh Kecintaan

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menanamkan kedisiplinan sejak dini kepada siswa – siswinya. Hal itu diwujudkan dengan menjalankan program khusus yang diterapkan kepada siswa baru. Kegiatan pengenalan lingkungan SMK Muhammadiyah 2 Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah kali ini dinamakan Kegiatan Cinta Sekolah.

Kegiatan Cinta Sekolah dilaksanakan selama 5 hari guna membentuk karakter sejak dini di SMK Muhammadiyah 2 Salam. Kegiatannya meliputi cinta tanah air, cinta lingkungan sekolah, cinta taman kota, cinta antar sesama, cinta organisasi serta kedisiplinan yang menjadi ciri khas sekolah ini. Kegiatan Cinta Sekolah ini bermaksud untuk menanamkan kedisiplinan dengan penuh kecintaan.

Tidak ada hukuman fisik bagi yang melakukan pelanggaran. Akan tetapi dengan pengarahan dan pembinaan ke siswa, sehingga tumbuh kesadaran dalam melaksanakan aturan yang ada. Hari pertama masuk tahun pelajaran 2017-2018 tahun ini pun terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Untuk pembinaan karakter cinta lingkungan, diwujudkan dengan penanaman dan pembagian pohon ke masyarakat di Kecamatan Srumbung dan Kecamatan Salam. Serta, pengambilan sampah di Jalan Pemuda, Kecamatan Muntilan.

“Cinta kedisiplinan lalu lintas kami gelar dengan safety riding bersama Polsek Muntilan dan cinta tanah air bersama Koramil Muntilan,” jelas Kepala SMK Muhammadiyah 2 Salam, Kabupaten Magelang Drs Sularta MPd.

Adapun untuk program kegiatan cinta organisasi, dijalankan bersama Pimpinan Daerah IPM Kabupaten Magelang. Untuk cinta seni dengan pentas seni, cinta antar sesama dengan mencari dan mengenal nama-nama sejawat maupun kakak tingkatnya.

“Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan XI SMK Muhammadiyah 2 Salam, guna menambah rasa kasih sayang dalam berteman dan menambah keakraban diantara mereka. Tidak ada senior dan yunior,” kata Sularta.

Sementara SMK Muhammadiyah 2 Salam, kini memiliki visi “Terbentuknya Sekolah Industri yang Bertaqwa, Kreatif dan Produktif”. Serta, memiliki misi melaksanakan ibadah sesuai syariat Islam, mengaplikasikan kejujuran dalam kehidupan. Membentuk kedisplinan berdasarkan peraturan yang berlaku, menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada proses pembelajaran. Menumbuhkan kreatifitas dalam proses pembelajaran, menciptakan suasana industri di lingkungan sekolah dan menjalin kerja sama sebanyak-banyaknya dengan dunia usaha dan dunia industri yang relevan.

“Visi dan misi ini diharapkan menjadi satu-satunya sekolah industri di Kabupaten Magelang. Sehingga, nantinya mampu menjawab kebutuhan tenaga kerja yang terampil, punya kepribadian yang bertaqwa, kreatif dan produktif,” jelas dia.

Program SMK Muhammadiyah 2 Salam ini pun mendapatkan apresiasi. Saat melihat kegiatan ini, pelatih Paskibra Kabupaten Magelang Tito menyampaikan apresiasinya atas kegiatan tersebut.

“Ini memberikan contoh ke sekolah-sekolah yang lain agar kegiatan pembentukan karakter dibentuk seperti ini,” kata Tito.

Apa Tanggapan Anda ?