http://pakgurufisika.blogspot.co.id/2015/12/seminar-fisika-tinjauan-fisika-mengenai.html?m=1

Ilustrasi roket air. Foto : Net

Daerah Kegiatan Teknologi

Ikuti Kompetisi Roket Air Siswa SMP

MAGELANG – Kompetisi ini merupakan kesempatan bagi siswa – siswi yang gandrung berinovasi. Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang kembali mengadakan lomba kompetisi roket air untuk siswa SMP sederajat. Lomba yang rencananya digelar pada Selasa, 25 Juli 2017 tersebut akan diikuti sekitar 25 sekolah di sekitar wilayah Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kompetisi roket air ini digelar untuk tujuan mengembangkan kreatifitas siswa, serta dalam rangka penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam pelaksanaannya, Balitbang akan berkerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Agus Sujito, Kabid Pendidik Dasar Disdikbud Kota Magelang mengatakan, kompetisi yang akan digelar merupakan hasil kerja sama antara Disdikbud dan Balitbang Kota Magelang. Penyelenggara utama yaitu Balitbang, adapun Disdik sifatnya membantu pelaksanaan kegiatan.

“Tempat pendaftaran peserta lomba ada di Kantor Disdikbud, juga bisa di Kantor Balitbang Kota Magelang,” kata Agus.

Disdikbud sebelumnya telah melakukan tahap sosialisasi terkait kompetisi ini kepada seluruh kepala sekolah tingkat SMP sederajat. Mereka diharapkan mengikutkan siswanya untuk terlibat dalam perlombaan.

“Sosialisasi ditujukan ke kasek, agar siswanya dapat berpartisiapsi untuk lomba roket air,” jelasnya.

Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, selama ini juga telah disisipkan dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Iptek juga telah digunakan dan diajarkan dalam kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya adalah kegiatan pramuka.

“Kompetisi ini telah menjadi agenda rutin dan Disdik mensuport acaranya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Balitbang Kota Magelang Arif Barata Sakti menyatakan, anak-anak khususnya kalangan pelajar, perlu diperkenalkan dengan teknologi sejak dini. Hal ini diperlukan agar inovasi dibidang iptek dapat terus berkembang dan berkesinambungan.

Arif juga berkata bahwa, kompetisi yang akan digelar pada tahun ini akan disemarakkan beberapa lomba pendukung. Beberapa lomba yang akan digelar sebagai pendukung kegiatan adalah Yel-yel Competition dan Roket Air Selfie Contest.

“Biar lebih semangat dan meriah serta dapat menarik pengunjung lebih banyak untuk datang,” katanya.

Sebelum pelaksanaan lomba, seluruh peserta akan mengikuti workshop yang sebelumnya diadakan untuk praktek pembuatan. Kemudian dilanjutkan dengan uji coba roket air. Peserta juga diberi kesempatan untuk merakit dan menguji hasil roket buatannya sebelum dilombakan.

“Diharapkan pada saat lomba nanti roket tersebut sudah siap dan dapat meraih hasil yang maksimal,” kata dia.

Apa Tanggapan Anda ?