ALUN-ALUN. Persiapan Magelang Craft Expo dan Festival Gethuk sedang dilakukan panitia di Alun-alun Kota Magelang, Kamis (4/8/2022). (foto: azza/siedoo)
Daerah Ekonomi

Berikut Rangkaian Magelang Craft Expo dan Festival Gethuk di Alun-alun Kota Magelang

MAGELANG -Magelang Craft Expo dan Festival Gethuk akan digelar pada Jumat – Ahad, 5-7 Agustus 2022 di Alun-alun Kota Magelang, Jawa Tengah.

Dalam kegiatan tersebut terdapat banyak pagelaran. Mulai dari pameran, talkshow, workshop, fashion show, pagelaran kesenian kuliner, entertaiment dan aneka lomba.

“Untuk rangkaian kegiatan kita mulai hari Jumat pukul 09.00 WIB. Ada kegiatan yang saling berkesinambungan. Ada penampilan kesenian, pameran craft, industri kelas menengah (IKM) yang dibina oleh Disperindag. Kemudian akan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Magelang pukul 18.30 WIB,” ungkap Pamong Budaya Ahli Muda Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Agus Hartanto, Kamis (4/8/2022).

Dalam kesempatan itu akan ada berbagai rangkaian kegiatan yang mengisi acara selama 3 hari kedepan.

“Di situ ada kegiatan-kegiatan lomba, lukisan anak, desaign kenang-kenangan, lomba foto, lomba seni budaya, lomba stand terbaik. Pelaksanaannya disisipkan dalam waktu tiga hari itu. Jadi tidak hanya pameran dan festival saja,” ucapnya.

Selama acara berlangsung akan ada 38 sanggar. Sebanyak 28 sanggar lokal dari Magelang dan 10 sanggar dari luar Kota Magelang. Nanti juga ada penampilan musik dari band lokal.

Hari kedua ada fashion show dari designer lokal. “Untuk hari kedua kegiatannya juga masih sama. Terdapat penampilan kesenian dari lokal. Hanya malamnya akan ada kegiatan fashion show dari designer-designer Magelang Raya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga akan ada workshop dengan narasumber special, owner Gethuk Eco yang akan menceritakan sejarah gethuk.

“Jadi buat warga Kota Magelang dan sekitarnya silahkan mengikutinya. Magelang Craft Expo dan Festival Gethuk ada edukasinya, ada belanjanya. Itu kita bisa mengenal produk asli Magelang,” ungkapnya.

Untuk rangkaian kegiatan hari terakhir ada senam, penampilan kesenian dari lokal maupun luar Kota Magelang. Kemudian pengumuman lomba dan ditutup dengan penampilan musik. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?