Nasional

Lintasan Sejarah Setiap Wisudawan Purnawira Pati TNI AD di Akademi Militer

MAGELANG - Bagi prajurit sejati, setiap kenangan menggambarkan jejak pengabdian kepada Bangsa dan Negara yang tidak pernah terputus. Di Lembah Tidar Markas Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah yang bersejarah, jejak pengabdian tersebut dimulai. Sosok-sosok pemuda Nusantara yang menimba ilmu keprajuritan lebih dari 30 tahunan lalu itu, berjanji mengabdikan jiwa raganya untuk bumi pertiwi.

"Perjalanan jauh yang mereka tempuh, rintangan berat yang mereka lalui, kini mengantarkan mereka kembali ke Lembah Tidar yang fenomenal. Tempat dulu mereka dilahirkan sebagai perwira ksatria Bangsa," kata Kepala Staf Angakatan Darat Jenderal TNI Mulyono dalam Wisuda Purnawirawan Pati TNI di Markas Akmil.

Pada Wisuda itu, diikuti Purnawira 136 Perwira Tinggi TNI AD. Diantara wisudawan, terdapat satu orang Jenderal berbintang empat yaitu Jenderal TNI Gator Nurmantyo (Mantan Panglima TNI), 10 Letjen TNI, 48 Mayjen TNI dan 77 Brigjen TNI, 4 wisudawati (Kowad) berpangkat Brigjen TNI. Rangkaian kegiatan Wisuda Purnawira Pati TNI AD berlangsung mulai 9 sampai dengan 11 November 2018, diawali dengan tradisi penyambutan di pintu gerbang Akmil, tradisi Puncak Tidar, malam temu kangen dan sebagai puncaknya Upacara Wisuda Purnawira Pati TNI AD.

Menurut Mulyono, mereka kembali dengan membawa nilai - nilai luhur, pancaran aura-aura pejuang dan cerita kepahlawanan dalam berbagai versi. Sebagai warisan bagi para calon ksatria muda berikutnya.

"Demikian kiranya lintasan sejarah setiap Wisudawan Purnawira Pati TNI AD yang mengakhiri masa baktinya di almamater tercinta Akademi Militer Magelang," jelasnya.

Acara Wisuda Purnawira ini bukanlah penanda garis akhir. Melainkan wujud tahapan babak baru dalam episode pengabdian diri para wisudawan/ wisudawati kepada Bangsa dan Negara, sebagaimana Warga Negara Indonesia lainnya.

"Sungguh, dari dalam hati kami, terbesit harapan agar para wisudawan/ wisudawati terus memberikan kontribusinya yang konstruktif bagi pembangunan TNI Angkatan Darat. Status sebagai purnawirawan seyogyanya bukanlah halangan untuk meneruskan dan mewariskan ide, impian, serta harapan demi TNI Angkatan Darat yang maju dan profesional di masa yang akan datang," urainya.

Prosesi Wisuda Purnawira Perwira Tinggi TNI AD tahun 2018, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-61 Akademi Militer, yang jatuh pada 11 November 2018. Momen yang baik ini kiranya akan menjadi kenangan yang istimewa bagi para Perwira Tinggi Angkatan Darat yang diwisuda.

"Pada hakikatnya merupakan wujud penghargaan dan ungkapan rasa hormat yang tulus dari segenap Keluarga Besar TNI Angkatan Darat kepada para Perwira Tinggi TNI Angkatan Darat atas pengabdiannya. Sejak mengawali dinas aktif hingga saat memasuki masa purnatugas," jelas Mulyono. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?