Advertorial Daerah

Outing Class, Siswa TK ABA 2 Kota Magelang Sambangi Peternakan Sapi Akmil

MAGELANG - Berinteraksi dengan hewan ternak menjadi hal yang jarang dilakukan anak-anak zaman sekarang. Terlebih bagi anak-anak di perkotaan. Banyak dari mereka hanya mengenal hewan melalui visual dalam game yang tersedia di gadget. Hal ini menjadi motivasi guru TK ABA 2 Kota Magelang, Jawa Tengah untuk mengajak siswanya berkunjung ke Peternakan Sapi milik Akademi Militer (Akmil) Magelang, Kamis (5/3/2020).

Dengan antusias siswa melihat dan bermain dengan puluhan ekor sapi. Mulai dari anakan sapi hingga sapi induk. "Di sini ada banyak sapinya, yang masik kecil dipisah sama yang sudah besar. Ada juga yang bisa diperah susunya," jelas pemandu wisata pihak peternakan.

"Biar anak-anak tahu hewan ternak di sini termasuk sapi. Anak-anak juga tahu kalau ada pekerjaan di peternakan sapi. Bisa kenal sama pengelola sapi dan tahu gimana beternak sapi," ujar kepala TK ABA 2 Kota Magelang, Ellya Anis Zulaiha, S.Pd.

Meskipun dalam keadaan cuaca yang mendung dan gerimis, siswa tidak kehilangan semangatnya. Tak hanya bermain dan berkeliling, siswa juga berkesempatan memberi makan pada ternak sapi. Hal ini juga menjadi tantangan bagi siswa agar memberanikan diri berinteraksi langsung dengan hewan ternak.

Dengan mengajak langsung siswa ke peternakan sapi diharapkan siswa dapat mengetahui apa saja manfaat dari berternak sapi.

"Kalau siswa datang langsung ke sini, siswa jadi tau kalau berternak sapi itu banyak manfaatnya, bisa mengkonsumsi daging kemudian susu yang diperah juga bisa dikonsumsi. Jadi selain beternak juga bisa memanfaatkan hasilnya," jelasnya.

Menurutnya, siswa yang belajar dan berpengalaman melalui praktik langsung akan lebih antusias dan terlihat kemampuannya. Siswa juga terlihat lebih enjoy jika belajar di luar kelas. Tentu selain pelajaran yang dilakukan secara klasical di dalam kelas, kegiatan belajar di luar kelas menjadi kegiatan yang digemari siswa.

"Anak-anak kalau sedang waktunya belajar di luar seperti ini akan lebih antusias, meskipun sedang sakit biasanya mereka akan tetep berangkat, karena ini yang ditunggu-tunggu," tandasnya.

Dijelaskan, program outing class ini menjadi program yang diunggulkan di TK ABA 2 Kota Magelang. Sebab program ini banyak menarik minat siswa dan juga mendukung proses belajar siswa.

Selain itu, program tersebut juga menjadi salah satu usaha untuk mempromosikan TK ABA 2 sendiri. Dengan rutin melaksanakan program ini dua kali dalam satu bulan. Harapannya sekolah dapat dikenal dan mencuri perhatian bagi masyarakat. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?