Nasional

Hari Kesaktian Pancasila, 1 Peleton Taruna Akmil Siap Terjun

MAGELANG - Menjelang peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018, taruna - taruni Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah mendapat pesan khusus dari Gubernur Akmil Mayjen TNI Eka Wiharsa. Para taruna dipersiapkan guna mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Halim Jakarta. Upacara peringatan secara nasional akan dilaksanakan pada Senin, 1 Oktober 2018, dimulai pukul 06.45 WIB sampai dengan selesai.

Sudah menjadi tradisi, para taruna/taruni Akademi Militer diikutsertakan dalam event yang berskala nasional pada setiap tahunnya. Seperti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, Hari Kesaktian Pancasila dan HUT TNI di Jakarta. Sehubungan dengan hal tersebut, Akademi Militer mengirimkan perwakilan taruna sebanyak satu peleton.

Mereka terdiri dari 35 taruna sebagai personel Parade dan Defile yang dipilih dari taruna Tingkat III, yang akan diberangkatkan pada Kamis, 27 September 2018.

"Agar para taruna selalu mengawali setiap kegiatan dengan berdoa kepada Allah Swt Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai landasan spiritual, moral dan etika agar senantiasa mendapat ridho dan perlindungan - Nya dalam melaksanakan tugas ini," kata gubernur.

Akademi Militer memberangkatkan satu peleton dengan kekuatan 35 taruna Akademi Militer dan 2 pendamping (Pengasuh Taruna). Gubernur menekankan agar taruna melaksanakan tugas sebagai kehormatan dengan penuh dedikasi dan kesungguhan. Serta dilandasi dengan rasa tanggung jawab yang tinggi.

"Melakukan yang terbaik dalam setiap event di acara tersebut. Sehingga dapat membanggakan seluruh civitas akademika Akademi Militer dan TNI AD," jelasnya.

Gubernur Akmil juga menekankan kepada para pengasuh dan pendamping, untuk mengadakan pengawasan melekat kepada para taruna secara intensif dan terpadu. Itu sebagai langkah antisipasi dan preventive untuk mencegah terjadinya hal-hal negatif yang tidak diinginkan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?