SD Mutual yang baru saja menjuarai Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional, melalui tim gerakan Literasi Sekolah mengadakan Lomba Pojok Baca. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa.

Daerah

SD Mutual Sulap Ruang Kelas Jadi Pojok Baca


MAGELANG – Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang (SD Mutual), Jawa Tengah memacu para siswanya untuk gemar membaca. Salah satu cara yang dilakukan dengan menggelar Lomba Pojok Baca di setiap kelas. Program bagian dari gerakan Literasi Sekolah ini diikuti 29 kelas, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

Setiap kelas memiliki tema yang berbeda-beda pada setiap Pojok Bacanya. Mulai dari yang model sederhana, hingga yang bernuansa meriah. Pelaksanaan Lomba Pojok Baca berlangsung selama sebulan penuh.

Kriteria penilaian Pojok Baca yaitu kelengkapan, seperti buku dan majalah. Estetika, dapat menyusun buku dengan benar. kreativitas, guru dituntut mampu menuangkan kreativitasnya ke Pojok Baca kelasnya. Yang tidak kalah penting adalah kebersihan dan kerapian Pojok Baca.

“Adanya Pojok baca di setiap kelas sangat bagus sekali. Terobosan yang dilakukan SD Mutual dengan mengadakan Lomba Pojok Baca ini dapat mengenalkan dan meningkatkan kecintaan anak akan buku, serta fungsi dari perpustakaan itu sendiri,” kata Heni Hidayati, S.T.P, tim juri dari Perpusda Kota Magelang.

Melalui program tersebut, secara tidak langsung dapat meningkatkan minat baca anak. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara rutin di SD Mutual. Bahkan, acara itu juga bisa menjadi contoh bagi sekolah lain, bahwa untuk membaca buku tidak harus ke perpustakaan.

“Tetapi kita bisa membuat Pojok Baca di kelas untuk mempermudah anak membaca buku. Sehingga, dengan adanya perpustakaan yang dibuat dengan desain menarik dan dekat dengan anak, akan lebih meningkatkan kecintaan mereka atas buku,” urainya.

Lomba ini sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi seluruh siswa agar lebih giat lagi membaca. Selain itu, juga untuk menumbuhkan minat baca siswa serta kreativitas guru.

“Selain bisa meningkatkan minat baca siswa, Lomba Pojok Baca ini juga sebagai wadah kreasi guru, siswa dan orang tua. Guru dituntut bisa menciptakan suasana baca yang menyenangkan di dalam kelas,” jelas Direktur Perpustakaan SD Mutual Joko Adi Yunarto, S.I.Pust.

Berikut hasil Lomba Pojok Baca SD Mutual Kota Magelang.

  • Juara umum  kelas 1 Khadijah dengan total nilai 181
  • Juara 1  kelas 1 Hawa dengan total nilai 177
  • Juara 2  kelas 5 Uwais Al Qorni dengan total nilai 174
  • Juara 3  kelas 3 Salman Al Farisi dengan total nilai 171.

 

 

*Siti Nurhayati
Guru SD Mutual Kota Magelang, Jawa Tengah.

Apa Tanggapan Anda ?