Daerah

Gelorakan Budaya Literasi melalui Perpustakaan Digital

TEMANGGUNG - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Al-kautsar Temanggung, Jawa Tengah melaunching Perpustakaan Digital di kampus Jalan Kadar, Maron, Sidorejo, Temanggung. Selain dihadiri para internal kampus STIKES, acara juga dihadiri pihak eksternal kampus. Diantaranya seperti dari dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Temanggung. Launching perpustakaan STIKES ini merupakan hasil kerjasama dengan Kubuku.co.id.

Dalam kesempatan itu, banyak sekali konsep literasi digital dan perpustakaan online yang dibahas. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Temanggung Agus Munadi, S.Sos, MSi mengajak semua kalangan, utamanya guru dan dosen untuk menggelorakan budaya literasi.

"Kami di Perpusda Temanggung itu menyediakan wifi sampai malam juga. Jadi, untuk akses internet sangat mudah selain koleksi bacaan buku yang manual," kata dia.

Dalam kesempatan itu, hadir Direktur STIKES Al-kautsar Temanggung, Tri Suraning Wulandari, S.Kep.NS, Kepala Dinas Arsip dab Perpustakaan Temanggung Agus Munadi, S.Sos, MSi, dan Drs. Joseph Edyanto, SE, Direktur KuBuku dan Graha Ilmu, puluhan guru SMA, SMK, dan beberapa tamu undangan. Adapun beberapa pihak luar yang turut menyukseskan launching ini yaitu Kaprodi PAI STAINU Temanggung Luluk Ifadah , Sholeh Kurniandini Sekprodi MPI STAINU Temanggung, Hamidulloh Ibda Kaprodi PGMI STAINU Temanggung, Fatmawati Sungkawaningrum Sekprodi ES STAINU Temanggung, Lina Indra Kartika Kaprodi PIAUD STAINU Temanggung, dan Gufi Kepala Perpustakaan STAINU Temanggung.

Sementara itu, Direktur KuBuku dan Graha Ilmu Joseph Edyanto, SE, menawarkan program Kubuku.co.id untuk bekerjasama dalam hal pengembangan perpustakaan daring. Usai kegiatan, STAINU Temanggung yang diwakili sejumlah dosen dan Kepala Perpustakaan langsung menemui Joseph Kubuku untuk menindaklanjuti pendirian perpustakaan daring atau digital di STAINU Temanggung.

Apa Tanggapan Anda ?