Tokoh

Daftar Panjang Juara Anteo Cyailendra, Siswa SD Atlet Renang

Siedoo, Anteo Cyailendra, Siswa SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang (Mutual), Jawa Tengah kembali mencatatkan namanya di papan daftar juara. Dalam Kejuaraan Renang Kelompok Umur antar Perkumpulan Terbuka Se-Indonesia Walikota Cup VI di Kolam Renang FIK Universitas Negeri Yogyakarta, perwakilan SD Mutual ini berhasil menjadi juara. Lomba yang berlangsung pada Jumat-Ahad (27-28/10/2018) itu, Anteo berhasil mendapatkan medali perak kategori 50 meter Gaya Punggung Putra dengan waktu 36.40 detik.

Siswa kelas 5 SD Mutual ini berhasil menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya dengan mengantongi medali perak. Raihan ini menambah daftar panjang prestasi yang sudah diraih Anteo.

Dengan torehan prestasinya tersebut, Anteo berhak atas medali, piagam penghargaan serta sejumlah uang pembinaan. Tidak kalah pentingnya, Anteo mendapatkan pengalaman yang penting yang dapat menjadi bekal baginya saat mengikuti kompetisi renang yang akan datang.

"Saat latihan bersama Mutual Swimming Club, Anteo berlatih dengan maksimal. Ia mencontohkan kepada para adik kelasnya bagaimana cara untuk menjadi juara. Kombinasi rutinitas ibadah dan latihan," kata Dika Prima, S.Pd Koordinator Mutual Swimming Club.

Anteo kelahiran Magelang 25 Desember 2007 ini sudah banyak menorehkan prestasi yang diraih. Putra dari Teguh Suwito, SE dan Okti Setyaningsih, A.Md memang dari kecil sudah menyukai olahraga renang.

Prestasi yang sudah diraih Anteo pada tahun 2018 diantaranya :

  • Krasi Nasional  2 Perak, dan 1 Perunggu
  • DPRD Karanganyar Cup Se Jawa 2 Emas, 2 Perak, dan 2 Perunggu
  • Taruna Nasional 5 Emas, 3 Perak dan Perenang Terbaik Tahun 2018
  • BUpati Kulon Progo Cup 4 Emas, dan 2 Perak
  • POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) Tingkat Jawa Tengah meraih 2 perak
  • O2SN 1Emas, 1 Perak dan Perenang terbaik 2 Jawa Tengah
  • Paswind cup 4 Emas, 1 Perak, dan 3 Perunggu.

Sang ayah menceritakan bahwa hampir setiap pagi buta, Anteo yang hobi berenang dan berlari ini, berlatih di dinginnya Kolam Renang Sukoco Magelang, Jawa Tengah. Rutinitas Anteo sang juara renang, tidak hanya rutin dalam berlatih lima kali sepekan.

Namun, juga rutin sholat subuh di sekitar area kolam renang. Dukungan sang Ayah pun sangat berperan. Latihan demi latihan ia tempakan kepada sang anak.

 

*Siti Nurhayati, SH

Guru Kelas 1 SD Mutual Kota Magelang, Jawa Tengah. 

Apa Tanggapan Anda ?