Daerah

Tiga Kunci Sukses Jadi Kepala Sekolah

MAGELANG - Orang yang ingin selamat, harus banyak mendengar. Karena orang yang mendengar tidak ada ruginya. Seorang kepala sekolah harus mengawali dengan ketulusan dalam bekerja, karena dengan ketulusan kerjanya akan profesional.

"Dengan bekerja profesional maka akan menghasilkan kerja ikhlas. Selain itu dalam memimpin sekolah harus sesuai sunnahtullah," kata Dr. H. Rosihan, SH, M.Ag Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah.

Hal tersebut dikatakan saat Pelantikan Bersama Kepala Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah Kabupaten Magelang, di Aula Kantor Pimpinan Muhammadiyah Magelang di Mbabrik, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang melantik 25 Kepala Sekolah Muhammadiyah yang terdiri dari 4 Kepala SMK Muhammadiyah, 2 Kepala SMA Muhammadiyah, 9 Kepala SMP Muhammadiyah, 7 Kepala MI Muhammadiyah, dan 3 Kepala SD Muhammadiyah.

"Modal seorang kepala sekolah yang pertama adalah taqwa. Taqwa yang dimaksud disini yaitu waspada dan hati-hati dalam tindakan dan ucapannya. Yang kedua membiasakan kebiasaan, hidup itu tergantung kebiasaan. Kebiasaan yang baik akan mendatangkan kebaikan, dan yang ketiga adalah ilmu, karena ilmu yang menyempurnakan ibadah kita," jelas Rosihan.

Nampak hadir pada kesempatan tersebut, jajaran Pleno Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Magelang, Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, serta tamu undangan lainnya. Pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan, pengangkatan jabatan kepala sekolah, pembacaan janji kepala sekolah, dan penandatanganan berita acara pelantikan.

"Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah mengucapkan selamat kepada Kepala Sekolah yang dilantik. Semoga bisa menjalani amanah ini dengan rahmat dan taufik dari allah SWT," tuturnya

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang Drs Jumari menyatakan, kepala sekolah yang baik tidak sekedar dinilai dengan rajin puasa sunnah, rajin shalat dhuha.

"Tetapi, sudah bisa mengemban amanah dengan baik, maka bisa dinilai menjadi kepala sekolah baik," ucapnya, seperti rilis yang diterima Redaksi Siedoo.

Sebagai Ketua PDM, ia akan bertanggungjawab sepenuhnya. Dan ia akan membantu dan mendampingi Kepala Sekolah. Bila ada masalah, konsultasikan terlebih dahulu kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah, jangan melangkah sendiri.

"Tiga Kunci Sukses menjadi Kepala Sekolah, yaitu berpikir jernih, hati yang bersih, dan semangat yang gigih," tandasnya.

 

*Siti Nurhayati
Guru SD Mutual Kota Magelang, Jawa Tengah.

Apa Tanggapan Anda ?