Siswa kompak mengikuti lomba Polisi Cilik. Lomba ini merupakan salah satu bagian dari upaya edukasi.

Daerah

Lomba Polisi Cilik Tanamkan Kedisiplinan Siswa

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Sebanyak 160 siswa sari beberapa sekolah mengikuti lomba baris-berbaris dan senam lalu lintas polisi cilik se-Kabupaten Magelang. Acara ini hasil kerja sama Kepolisian Resor (Polres) Magelang dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang. Para siswa terbagi ke dalam 6 pleton (regu) berlomba untuk menjadi yang terbaik di Armada Town Square Mall.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Magelang AKP Didi Dewantara mengatakan, lomba polisi cilik merupakan salah satu bagian dari upaya edukasi. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter pada anak sejak dini. Yaitu, dalam mewujudkan kecintaan pada aturan dan tata tertib berlalu lintas.

“Melalui kegiatan polisi cilik, diharapkan akan lebih efektif dalam menggugah dan menggali serta mengembangkan karakter yang kuat pada anak. Sehingga, nantinya mampu menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” kata dia disela-sela acara.

Meskipun polisi cilik merupakan agenda tahunan dari Polres Magelang, pelaksanaan di Artos Mall baru dilakukan kali pertama. Lomba ini merupakan rangkaian operasi Simpatik Candi 2017 selama 21 hari, yang dilaksanakan dari 1 hingga 21 Maret 2017. Operasi simpatik merupakan operasi kepolisian yang berupaya untuk memberdayakan, membangun kemitraan, membangun kepekaan, dan kepedulian serta kesadaran akan kemananan, keselamatan, dan ketertiban berlalu lintas. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah melalui edukasi kepada masyarakat.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Magelang AKP Santoso menjelaskan, kepolisian ingin membuat suasana yang berbeda dari kegiatan polisi cilik. Artos Mall dinilai tepat untuk memberikan suasana baru. Selain tempatnya strategis, Artos Mall juga dikunjungi masyarakat berbagai kalangan.

“Dengan diadakan di Artos Mall, kami berharap masyarakat akan lebih peduli terhadap program keselamatan berlalu lintas,” kata Santoso.

Sementara itu, Public Relation Artos Mall Dian Indri Cahyani menyambut baik kegiatan ini. Salah satu visi Artos Mall, ingin menjadi tempat edukasi bagi pengunjung. Salah satu contohnya melalui kegiatan polisi cilik ini. Manajemen Artos Mall pun terbuka untuk kerjasama dengan semua pihak selama kegiatan itu bernilai positif.

“Semoga kedepannya, Polres Magelang terus menggandeng Artos Mall dalam mengadakan kegiatan-kegiatan edukasi untuk masyarakat,” katanya.

Apa Tanggapan Anda ?