Nasional

Gawat, Portal Pengumuman Hasil Seleksi Administratif CPNS Tidak Bisa Diakses

JAKARTA - Mungkin bagi sebagian pelamar CPNS, Minggu 21 Oktober 2018, adalah saat-saat mendebarkan. Sebab, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018, sesuai jadwal, hari ini, mengumumkan hasil seleksi administratif lewat portal sscn.bkn.go.id.

Tetapi sayangnya pelamar tidak bisa membuka akun yang telah dimiliki pelamar. Karena, salah satu cara untuk mengetahui lulus atau tidaknya bisa dilihat lewat portal tersebut dengan membuka akun masing-masing.

Saat Redaksi Siedoo mencoba mengklik pada “login” di sscn.bkn.go.id malah muncul tulisan.

INFORMASI

Hasil seleksi administrasi dapat dilihat paling cepat pada tanggal 21 Oktober 2018 atau sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh masing-masing instansi. 
Informasi lebih lanjut akan disampaikan melalui portal SSCN. 

Panitia Pelaksana Panselnas 2018

Panselnas melalui akun resminya di media sosial memberikan informasi perilah tersebut.

“Hai #SobatBKN, login ke SSCN memang dinonaktifkan guna memberikan kesempatan kpd verifikator instansi menyelesaikan pekerjaannya. Mohon bersabar ya.#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri,” demikian penjelasan lewat akun twitternya.

Selain, lewat portal sscn.bkn.go.id, pelamar bisa lihat di website instansi masing-masing (jika diumumkan). Di samping itu, sesuai informasi yang beredar bahwa lulus atau tidaknya juga akan diberitahukan lewat email pribadi yang digunakan saat membuat akun di portal tersebut.

Mustahil Melakukan Kecurangan

Humas BKN Pusat Muhammad Ridwan mengatakan, setelah tahap verifikasi administrasi selesai diumumkan, ada tahap Seleksi Kompeten Dasar (SKD) dan Seleksi Kompeten Bidang (SKB) yang akan dilakukan selanjutnya.

Untuk tahap ini, akan dilakukan pada dua hari atau lebih, setelah pengumuman verifikasi administrasi selesai dilaksanakan.

"Untuk SKB dan SKD kemungkinan dua atau tiga hari sudah bisa diumumkan, dan masing-masing instansi sudah bisa dilakukannya pengecekan. Jam berapa dimana lokasinya sudah bisa dilihat," katanya dilansir dari tribunnews.com.

Pada saat ini, para pendaftar tidak bisa melakukan kecurangan dalam sistem seleksi ujian yang akan dilakukan.

Dikarenakan sistem online sudah diterapkan. Tidak hanya itu, para pendaftar juga jangan mencoba-coba untuk memberikan uang sebagai hadiah bisa masuk menjadi pegawai negeri.

"Dengan sistem yang sekarang mustahil melakukan kecurangan. Gak cuman instansi aja yang bekerja dalam penerimaan pegawai ini, ada juga BPK dan KPK yang langsung memonitor CPNS kali ini," jelasnya.

"Terus untuk SKD itu waktunya real time, setelah selesai ujian bisa langsung keluar nilainya berapa. Tidak harus menunggu lama dan melakukan kecurangan dan tidak bisa otak-atik. Semuanya BKN yang ambil alih, bukan instansi," tambahnya lebih lanjut.

SKB dan SKD akan dilaksanakan pada waktu setelah hasil pengumuman verifikasi administrasi selesai. Dia juga mengatakan, nilai dari ujian tersebut akan langsung keluar setelah ujian selesai dilaksanakan oleh para peserta CPNS.

"Penilainnya 40 persen dari SKD dan dan 60 persen dari SKB saat ini sudah sulit. Cuma Tuhan aja yang bisa bantu pada saat CPNS ini, tidak ada yang bisa membantu. Untuk mengantisipasi kecurangan terjadi," katanya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?