Daerah

Operator Sekolah Mahulu Dilatih Pengisian Akreditasi

MAHAKAM ULU – Akreditasi adalah sebuah kegiatan pengakuan dan penilaian tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (Basnas) dan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M). Kemudian, hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Sosialisasi Akreditasi Sekolah dan Madrasah, di Aula SMA 1 Long Bagun, dengan 24 peserta dari SD dan SMP di Pemkab Mahulu.

“Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan, menilai kelayakan suatu program lembaga pendidikan, atau satuan lembaga pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional, khususnya di Kabupaten Mahulu,” ujar Kepala Disdikbud Veridiana Hendoq.

Akreditasi bagi program lembaga pendidikan atau lembaga pendidikan tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi. Inisiatif kegiatan ini muncul setelah dilakukan evaluasi.

"Cara mengisi daftar isian yang akreditasinya akan dikirim ke pusat, ternyata mekanisme belum dipahami secara menyeluruh, terutama dalam pengisian akreditasi. Mengingat kenyataan itulah, Disdikbud perlu membantu pihak sekolah,” tegas Veridiana seperti di kaltim.prokal.co.

Veridiana mengatakan, pihaknya sangat berharap kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan secara rutin dan bertahap dalam memberikan edukasi pengisian akreditasi dan juga evaluasi pendidikan di daerah Mahulu.

Melalui kegiatan ini, sekolah dapat mempersiapkan diri untuk mendapat akreditasi yang baik. Sehingga, bisa menambah kualitas sekolah secara keseluruhan.

“Selain itu, pelaksanaannya dapat dianggarkan melalui Disdikbud Mahulu dengan harapan dilaksanakan secara rutin dan bertahap,” harapnya.

Sosialisasi Akreditasi Sekolah dan Madrasah dilaksanakan selama satu hari dengan narasumber pengawas dari Badan Akreditasi Nasional. Narasumber memberikan penjelasan secara rinci mengenai akreditasi sekolah dan cara pengisian instrumen pelaksanaan akreditasi. (Siedoo/NSK)

Apa Tanggapan Anda ?