Siswa-siswi TK Hang Tuah 15 Semarang belajar di atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Menjangan di Semarang, Jawa Tengah. (Foto: tni.mil.id)

Daerah

Para Siswa TK Hang Tuah 15 Semarang Belajar di Atas KAL Pulau Menjangan


SEMARANG – Sebanyak 36 orang siswa-siswi Taman Kanak-Kanak (TK) Hang Tuah 15 Semarang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Menjangan, Semarang, Jawa Tengah.

Kegiatan Belajar di luar kelas tersebut atas prakarsa dari Anggota Pengawas Perwakilan Semarang Yayasan Hang Tuah yang juga sebagai Ketua Cabang 4 Korcab V DJA II Ny. Heri Triwibowo. (tni.mil.id)

Rombongan dari TK Hang Tuah 15 yang dipimpin langsung oleh Kasatdik TK Hang Tuah 15, Apri Winarni bersama 6 guru pembimbing lainnya, langsung diterima oleh Komandan KAL Pulau Menjangan Kapten Laut (P) Fuad Hilmi.

Sebelum berkeliling dan melihat secara langsung KAL Pulau Menjangan, Komandan KAL Pulau Menjangan terlebih dahulu memberikan pengetahuan tentang karakteristik kapal Angkatan Laut tersebut. Selanjutnya seluruh siswa-siswi TK Hang Tuah 15 diajak ship tour berkeliling ke dalam kapal tersebut sambil diperkenalkan bagian-bagian dan kegunaan Instrumen kapal tersebut.

Ny. Heri Triwibowo yang turut dalam kegiatan itu memberikan semangat kepada anak-anak.

“Sesekali seluruh siswa-siswi TK Hang Tuah 15 perlu diajak belajar di luar kelas, khususnya ke fasilitas Angkatan laut,” katanya.

Menurut Ny. Heri, hal tersebut  untuk mengenalkan sejak dini tentang pengetahuan kemaritiman, yang tentunya akan memberikan tambahan ilmu pengetahuan non-formal yang mungkin belum pernah didapatkan di dalam kelas. Sehingga anak anak itu bisa mendapatkan tambahan pengalaman.

“Apalagi kalau belajarnya di atas kapal perang, sungguh sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi anak-anak tersebut,” terangnya seperti dilansir jpnn.com.

Untuk itu kepada Kasatdik TK Hang Tuah, Ny. Heri selaku Pengawas Yayasan menyampaikan untuk mengagendakan kegiatan semacam ini setiap tahunnya. Dengan harapan selain menguasai pelajaran formal di kelas anak didik juga mendapatkan pengalaman berharga di luar kelas. (Siedoo/NSK)

Apa Tanggapan Anda ?