Nasional

Formasi CPNS Guru Tetap Terbanyak, Berikut Alur Pendaftarannya

JAKARTA - Alur pendaftaran CPNS tahun 2018 penting untuk diketahui, bagi yang ingin melamarnya. Hal ini akan memudahkan pelamar saat membuka sscn.bkn.go.id, situs resmi pendaftaran CPNS.

Di tahun ini, lowongan yang paling banyak dibuka adalah guru. Level tenaga pendidik ini mencangkup guru kelas dan mata pelajaran, guru madrasah, maupun guru agama.

Berikut perinciannya:

  1. Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di kabupaten/kota sebanyak 12.000 formasi
  2. Guru kelas dan mata pelajaran sebanyak 88.000 formasi
  3. Guru agama sebanyak 8.000 formasi

Setelah mengetahui secara persis kuotanya, maka penting untuk mengetahui alur pendaftarannya. Sebagaimana dilansir dari tribunnews.com, berikut alurnya.

1. Pelamar membuka web sscn.bkn.go.id dan membuat akun SSCN 2018. Informasi penerimaan CPNS 2018 dapat dilihat melalui portal SSCN.

2. Panduannya adalah sebagai berikut.

a. Untuk melakukan pendaftaran, pelamar memilih menu registrasi.

b. Pelamar mengisikan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK (Kartu Keluarga) atau NIK Kepala Keluarga.

c. Pelamar mengisikan alamat e-mail aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan.

d. Pelamar mengunggah pas foto ukuran 120-200kb dengan format .JPG atau .JPEG. Jangan lupa untuk mencetak dan menyimpan kartu informasi akun SSCN 2018.

3. Pelamar melakukan login ke portal SSCN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

4. Pelamar melengkapi data dan mengunggah dokumen

a. Pelamar mengunggah foto diri, memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

b. Pelamar melengkapi biodata dengan benar.

c. Pelamar memilih instansi, formasi, dan jenis jabatan sesuai pendidikan (pelamar hanya dapat memilih satu jabatan pada satu formasi dan satu instansi).

d. Pelamar melengkapi data pada form yang tersedia. Pastikan mengisi data dengan benar.

e. Klik simpan data yang telah dicek di resume. Data yang telah diklik kirim tidak dapat diubah dengan alasan apa pun.

f. Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi.

g. Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi pada form resume Jangan lupa untuk mencetak kartu pendaftaran SSCN 2018. Kartu pendaftaran SSCN digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.

5. Langkah selanjutnya akan dilakukan oleh tim verifikator instansi. Tim verifikator akan melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah atau dikirimkan oleh pelamar berdasarkan syarat pendaftaran.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai ketentuan instansi. Jika lolos, pelamar akan melakukan serangkaian tes yang telah ditentukan.

Menteri Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin menyatakan saat ini jumlah PNS sekitar 4,3 juta. Proporsi terbesar selain guru dan tenaga kesehatan adalah tenaga pelaksana/administratif sebesar 1,6 juta atau sekitar 38%. Lalu diikuti tenaga teknis keahlian sebesar 372 ribu atau sekitar 8,6%. Komposisi PNS yang tidak seimbang tersebut akan menyulitkan dalam menghadapi tantangan ke depan.

“Menyikapi hal tersebut serta dihadapkan pada tantangan era industri 4.0, kita memerlukan spesialisasi keahlian. Untuk itu pula, perencanaan dan usulan PNS baru, harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional dan daerah, serta sasaran Nawacita. Sehingga, daya saing bangsa kita semakin meningkat di kancah internasional,” ungkapnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?