Peserta dari UGM sedang dikalungi medali. foto: ist

Nasional

UGM Juara Umum Pimnas 2018, Berikut Catatannya


YOGYAKARTA – Kejayaan Universitas Brawijaya (UB) dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) sedikit luntur. Tiga tahun sebelumnya perguruan tinggi yang berada di Surabaya, Jawa Timur tersebut menjadi juara umum dalam gelaran bergengsi itu. Tetapi tahta di tahun ini bergeser ke Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Dalam Pimnas ke-31 tahun 2018, UGM menjadi juara umum dengan memperoleh Piala Pergilir Adhikarta Kertawidya yang diserahkan langsung Sekretaris Jenderal Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. AinunNa’im, Ph.D., M.B.A. Dalam kesempatan ini, universitas ternama di Indonesia tersebut meraih sebanyak 10 emas 3 perak, dan 5 perunggu.

Perolehan Medali Dua Kategori

Kategori Poster

Tiga medali emas disumbang:

  1. Tim PKM-PSH
  2. Tim PKM-KC
  3. Tim PKM-M

Satu medali perak disumbang:

  1. Tim PKM-M. Lalu

Tiga medali perunggug disumbang:

  1. Tim PKM-PE (2 medali)
  2. Tim PKM-M

Kategori Presentasi

Tujuh medali  emas disumbang:

  1. Tim PKM-PSH
  2. Tim PKM-PE (2 medali)
  3. Tim PKM-KC
  4. Tim PKM-K
  5. Tim PKM-M
  6. Tim PKMGT

Dua medali perak disumbang:

  1. Tim PKMPE
  2. Tim PKM-GT

Dua medali perunggu disumbang:

  1. Tim PKM-PE
  2. Tim PKM-M

Prof. AinunNa’im, Ph.D., M.B.A mengucapkan selamat atas keberhasilan UGM itu. Ditandaskan pula bahwa semua peserta yang mengikuti Pimnas adalah juara.

“Hal itu karena usaha mereka untuk sampai di sini tidak mudah. Mereka hadir di sini setelah menyisihkan saingan mereka dari seluruh Indonesia. Mereka adalah mahasiswa-mahasiswi terpilih,” katanya sebagaimana dilansir ugm.ac.id.

Dinyatakan peserta yang belum memperoleh medali pada tahun ini agar jangan berkecil hati.

“Jadikan ini sebagai pelajaran untuk lebih sukses pada masa yang akan datang. Semoga dengan ini (Pimnas) dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah, inovasi, serta daya saing perguruan tinggi di Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut Ainun mendorong agar Pimnas dapat dikembangkan lebih lanjut dengan adanya pekan ilmiah bersifat ilmiah tingkat regional, yang mencakup semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Gelaran Juara Umum Keenam Kalinya

Gelar juara umum tersebut bagi UGM merupakan yang keenam kalinya. Sebelumnya UGM meraihnya pada tahun 2006, 2007, 2010, 2011, dan 2014.

Berikut daftar 10 besar peringkat Pimnas 2018:

1.Universitas Gadjah Mada
2.Universitas Brawijaya
3. Universitas Diponegoro
4. Universitas Indonesia
5. Universitas Negeri Yogyakarta
6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
7. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
8. Universitas Airlangga
9. STKIP Muhammadiyah Sampit
10. Universitas Negeri Semarang

Pada tahun 2018, Pimnas ke-31 dengan jumlah peserta 440 tim dengan 136 Perguruan Tinggi merupakan jumlah yang paling besar dibanding Pimnas sebelumnya. Sebanyak 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi bertanding pada 7 bidang yakni Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Di sisi lain, Direktur Kemahasiswaan UGM, Haryadi mengatakan, dengan prestasi ini maka menunjukkan bahwa prestasi mahasiswa Yogyakarta, khususnya UGM memang masih diperhitungkan di tingkat nasional.

“Ini menunjukkan bahwa kita layak disebut sebagai kota pelajar, kerena menghasilkan mahasiswa yang kreatif dan inovatif,” ucapnya sebagaimana ditulis tribunnews.com.

Sementara itu tuan rumah dalam ajang yang digelar 29 Agustus – 2 September tersebut, UNY menduduki peringkat 5.

Rektor UNY Sutrisnas Wibawa mengatakan pada Pimnas ke-31 ini UNY berhasil menorehkan prestasi dengan meraih total tiga medali emas, empat medali perak, dua medali perunggu serta satu juara favorit.

“Hasil ini merupakan anugerah sekaligus tantangan. Kerja keras mahasiswa dan pembimbing dapat memperoleh hasil menggembirakan, apalagi jika dilihat dari ranking LPTK kita berada di peringkat 1,” ucap Rektor UNY.

Menurut Rektor pada sisi lain hasil ini merupakan tantangan agar di tahun-tahun mendatang bisa lebih baik lagi.

Dengan kerja keras dan kerja bersama, UNY optimis bisa menjaga prestasi terbaik di waktu yang akan datang.

Pada tahun 2017 UNY meraih ranking 10 pada Pimnas ke-30 di Universitas Muslim Indonesia Makassar, dan tahun ini berhasil naik ke ranking 5. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?