Nasional

Berikut Syarat Khusus CPNS, Tanpa Tes

PALEMBANG - Menjadi CPNS memang merupakan idaman bagi kebanyakan orang. Tetapi untuk bisa masuk menjadi abdi negara tersebut, ada proses seleksi lewat tes bagi khalayak umum.

Hingga akhir Agustus 2018, masih belum ada kepastian kapan tanggal penerimaan CPNS 2018 dibuka. Informasi yang bergulir, penerimaan tersebut akan dibuka setelah gelaran Asian Games yang terpusat di Jakarta dan Palembang.

Ternyata momen olahraga yang bersifat internasional dan diikuti oleh 45 negara tersebut menjadi peluang bagi atlet Indonesia untuk menjadi CPNS. Dan, untuk bisa masuk pun tidak perlu lagi menjalani tes.

Mereka bisa langsung diangkat dengan syarat-syarat tertentu. Yakni, meraih medali emas, perak, maupun perunggu.

Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin yang juga bertindak sebagai Ketua Kontingen atau Chef de Mission (CdM) Asian Games 2018 ini menjanjikan, setiap atlet yang meraih medali, baik emas, perak, maupun perunggu, dapat menjadi PNS, anggota Polri atau TNI.

"Bukan hanya yang meraih emas saja, melainkan juga perak dan perunggu bisa menjadi PNS atau anggota Polri," ujar Syafruddin, dikutip tribunstyle.com.

Sementara itu, para pemain Timnas U-23 Indonesia pun berhak atas bonus pekerjaan tersebut. Syaratnya minimal peringkat ketiga, atau meraih medali perunggu.

Sementara itu jumlah lowongan CPNS sampai saat ini masih belum diketahui karena menunggu finalisasi formasi kebutuhan CPNS.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan menuntaskan kebutuhan formasi CPNS.

Selain menentukan jumlah kebutuhan, instansi ini juga akan menentukan teknis pelaksanaan tes CPNS.

Rencananya, pendaftaran CPNS dimulai tahun ini, termasuk tahapan tes seleksi.

Harapannya, seleksi bisa kelar tahun ini sehingga CPNS terpilih bisa langsung bekerja mulai tahun 2019.

"Penetapan formasi (CPNS) dan lain-lain sedang kami persiapkan," ujar Mudzakir, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kementerian PAN-RB seperti dilansir kontan.com.

Untuk website resmi penerimaanya pun masih belum bisa dibuka sscn.bkn.go.id. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?