Nasional

Ide Bisnis Mahasiswa Dilombakan, Ini Juaranya

SURABAYA - Ide bisnis juga bisa dilombakan, dengan peserta mahasiswa di Indonesia. Ini seperti yang diselanggarakan Jaringan Bisnis Indonesia, 17 – 18 Agustus 2018.

Dalam kompetisi ini, juara pertama dan kedua masing-masing berasal dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Sedangkan, peringkat ketiga adalah tim dari Unair (Universitas Airlangga).

Mahasiswa Unair yang ikut yakni Nanang Ardianto dan Sutra Mahardika. Keduanya duduk di Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK). Meski tidak juara I, mereka tetap bisa berpuas diri.

Sutra mengaku peserta lain memiliki ide bisnis yang dijalankan, beragam dan menarik. Namun, kebanyakan merupakan bisnis kuliner.

“Sedangkan kami tetap yakin akan keunggulan produk kami sendiri berupa jasa,” kata Sutra, salah satu anggota tim, sebagaimana dilansir unair.ac.id.

Dalam kompetisi itu, Nanang dan Sutra mengangkat ide bisnis mengenai Aquaponic Store. Yakni, jasa desain, rakit, dan konsultan sistem akuaponik yang belum banyak dikembangkan.
Ditegaskan, ide tersebut diambil karena sistem akuaponik dapat menekan angka penggunaan lahan secara efisien dan hemat air di wilayah perkotaan seperti Surabaya.

“Sistem ini menggabungkan pemeliharaan dua komoditas produk pertanian dan perikanan sekaligus,” jelas Nanang.

Diterangkan, proses keikutsertaan kompetisi diawali dengan mengumpulkan proposal. Dari keseluruhan peserta, diambil 15 ide karya terbaik sebagai finalis.

Selesai tahap ini, peserta diharuskan mengikuti workshop di hari pertama. Kemudian melakukan presentasi dihadapan para juri mengenai ide bisnis yang diikutsertakan.

Setelah rangkaian proses terlalui, tiba pada sesi pengumuman 3 peserta terbaik di akhir kegiatan pada Sabtu (18/8/2018) malam. Dan diperolehlah juara III untuk Unair.

“Semoga ide bisnis kami dapat terus berlanjut dan tercipta bibit-bibit wirausahawan baru,” tambahnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?