Tiga mahasiswa UNM. foto: unm.ac.id

Daerah

Terobosan Mahasiswa UNM Soal E-STNK, Ini Kelebihannya


MAKASAR – Tiga mahasiswa Universtas Negeri Makassar (UNM) melakukan inovasi karya cipta Surat Tanda Nomor Kendaraan elektronik (E-STNK) dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5. Judul yang diangkat yakni “E-STNK dengan Sistem E-Money Guna Memudahkan Pembayaran Pajak dan Antisipasi Pemalsuan STNK”.

Ketua tim, Wahyullah mengatakan
inovasinya ini mampu mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membayar pajak hingga mengantisipasi pemalsuan STNK.

“Inovasi ini mampu mengurangi durasi waktu saat akan membayar pajak. Soalnya sekarang bisa dilihat banyak orang enggan bayar pajak STNK karena malas mengantri,” katanya seperti di laman unm.ac.id

Dikatakan, dengan inovasi tersebut bisa buat alur pembayaran pajak lebih simpel, penggunaan jasa calo juga bakalan dapat diminimalisir.

“Dengan inovasi ini sistemnya terkomputerisasi jadi pemalsuan STNK bisa diminimalisir,” jelasnya saat ditemui dikampus Universitas Negeri Makassar.

Ia berharap, inovasinya tersebut bisa diimplementasikan di masyarakat.

“Mengingat, proses pembayaran pajak STNK yang masih manual seperti sekarang ini terasa kurang efisien,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Ullah ini.

Sebagaimana diketahui, PKM diselenggarakan oleh pemerintah untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta untuk mengajukan usulan proposal PKM 5.

Mahasiswa yang proposalnya lolos seleksi akan mendapatkan dana hibah untuk melakukan penelitiannnya. Termasuk, kesempatan mempresntasikan penelitiannya di Monev, 5-21 Juli 2018.

Seleksi di Monev itu, akan menentukan penelitian yang akan lolos pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31.

Apa Tanggapan Anda ?