Para pemain Tim Basket Unimma tidak hanya unggulkan kemenangan. Tetapi juga unggulkan prestasi akademik.

Daerah

Tidak Hanya Kemenangan, Unimma Juga Unggulkan Prestasi Akademik

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Tidak hanya mengejar kemenangan dalam bertanding, Tim Basket Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) juga memikirkan prestasi akademik. Dalam proses latihan dan perkuliahan, salama ini diterapkan kesepakatan bersama. Para pemain mendahulukan proses belajar terlebih dahulu, setelah itu baru latihan basket.

Bila terdapat jadwal pertandingan basket yang bertepatan dengan jadwal kuliah, maka anggota tim basket diberi kelonggaran untuk memilih. Pemain bisa mengajukan ijin untuk terlambat mengikuti latihan basket.

“Jika ada tugas kuliah dan harus dikirim malam itu juga, sebelumnya saya minta ijin untuk datang latihan basket agak terlambat. Tapi jika tugas dikumpulkan lusa, saya basket dulu lalu malamnya mengerjakan tugas,” kata salah satu pemain basket mahasiswa Teknik Industri semester I Nanda Ferdiansyah kemarin.

Meski mengedepankan prestasi akademik, bukan berarti tim basket minim prestasi. Target yang diterapkan tim yaitu menjadi juara di pekan olahraga mahasiswa (pom) rayon agar dapat melangkah ke turnamen setingkat pom provinsi. Seperti prestasi yang pernah diraih pada 2012 lalu.

Untuk mencapai target itu, tim basket Unimma menambah jam porsi latihannya. Para pemain juga berlatih tanding dengan tim basket lain. Latih tanding salama ini dilakukan dengan tim dari daerah yang sama maupun dengan tim dari daerah yang berbeda.

“Selain latihan Minggu dan Sabtu saya ikut latihan sepulang kuliah sekitar pukul 15.00,” kata pemain lainnya Heny Setya Utami, mahasiswi fakultas ilmu kesehatan.

Apa Tanggapan Anda ?