Ahmat Alwi (kiri) siswa MAN 1 Wonosobo berfoto bersama dua temannya usai mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Jawa Tengah di Pemalang, Rabu (25/7/2018). Foto: Kemenag Wonosobo.

Tokoh

MAN 1 Wonosobo Maju KSM Geografi Tingkat Nasional


WONOSOBO – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Wonosobo, Achmat Alwi, bakal mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional di Provinsi Jambi, pada mata pelajaran (mapel) Geografi. Hal itu setelah siswa kelas XII IPS 5 MAN 1 Wonosobo tersebut berhasil meraih Juara I KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk mapel Geografi di Pemalang, Rabu lalu (25/7/2018).

Menurut Panut, Kasi Pendidikan Madrasah atau PenMa Kemenag Wonsosobo, yang sekaligus ketua kontingen, mengungkapkan sebelumnya Kemenag telah mengirimkan kontingen KSM untuk berjuang di berbagai cabang mata pelajaran, yakni sebanyak 22 anggota tim KSM.

“Jadi sebelumnya kami telah mengirimkan 22 anggota tim untuk mengikuti KSM tingkat Provinsi yang diselenggarakan di Pemalang. Yang pesertanya terdiri dari jenjang MA yakni 12 anak, jenjang MTs 6 anak dan MI  terdapat 4 anak. Dan alhamdulillah dari seluruh peserta, setidaknya kami mampu memboyong 2 juara sekaligus,” ungkapnya.

Adapun 2 juara tersebut adalah juara 1 Mapel Geografi yang akan maju ke tingkat nasional dan juara 3 cabang Matematika yang berhasil di raih oleh Hanifah, siswa MA S Alhikam Cendekia.

Kepala MAN 1 Wonosobo, Warsam menyebutkan, prestasi itu sangatlah membanggakan. Karena, sejak lama mengikuti KSM tingkat Jawa Tengah, baru tahun ini berhasil meloloskan salah satu putra terbaiknya.

“Kami sangat bangga, karena ketelatenan, kerja keras dan upaya pendampingan bagi para siswa membuahkan hasil terbaik tingkat provinsi dan akan maju tingkat nasional,” ujarnya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada para guru pembimbing, panitia dan lebih khusus kepada Kepala Seksi Pendidikan Madrasah dan Kepala Kementerian Agama Wonosobo yang tidak lelah memberi motivasi.

“Semoga dengan dukungan dari semua pihak tersebut, Achmat Alwi bisa kembali berjaya di KSM Tingkat Nasional. Sehingga, akan mengharumkan MAN 1 Wonosobo, Kemenag serta Jawa Tengah,” harap dia.

KSM tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun ini Kemenag kabupaten atau kota dibolehkan menyertakan Juara II dari masing-masing mapel yang dilombakan. Hal ini membawa keberuntungan bagi Ahmat Alwi. Pasalnya di tingkat kabupaten dia Juara II, tetapi karena kerja keras dan semangatnya, Alwi mampu mengungguli Mashuri yang menjadi Juara I Tingkat Wonosobo

Kepada Achmad Alwi, para guru pembimbing berpesan agar dia selalu percaya diri, berusaha maksimal dan selalu mengukir prestasi terbaik. Begitupun para siswa MAN 1 Wonosobo lain, diharapkan bisa terus semangat belajar dan berprestasi. Hal itu dijadikan suatu amanat bagi Ahmat Alwi.

“Saya akan berupaya semaksimal mungkin saat berkompetisi di tingkat nasional. Tentu persaingan semakin berat, sehingga saya akan terus belajar dan mendalami materi-materi mapel Geografi ini lebih dalam,” ujar Alwi.

Sumber: MAN 1 Wonosobo/Kemenag Wonosobo

Apa Tanggapan Anda ?