Daerah

9 Siswa SMA TN Meraih Nilai 100

MAGELANG - Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah menggelar upacara parade dan defile wisuda. Acara yang biasa disebut Prasetia Alumni SMA Taruna Nusantara Angkatan 26 ini berlangsung di gedung Balairung Pancasila Kampus SMA Taruna Nusantara. Kegiatan dihadiri orang tua siswa dari seluruh pelosok nusantara. Selain itu, acara juga dihadiri pejabat-pejabat daerah serta Wakil Gubernur Akademi Militer.

Sebanyak 359 Siswa SMA Taruna Nusantara kelas XII mengikuti acara tersebut, Sabtu (5/5/2018). Terdapat sembilan siswa peraih nilai 100 pada Ujian Nasional tahun 2018 ini. Adapun dua siswa meraih nilai 100 pada mata pelajaran (mapel) Matematika, dua orang mapel Fisika, tiga orang mapel Kimia dan satu orang mapel Biologi.

Kepala SMA Taruna Nusantara Magelang Brigjen TNI (Purn) Soebagio melaporkan, sebanyak 359 Siswa SMA Taruna Nusantara dinyatakan lulus dan menyelesaikan pendidikan (100%). Lulusan terbaik peraih medali Bintang Garuda Trisakti Tarunatama Emas yang merupakan prestasi tertinggi kebulatan nilai akademik, kepribadian dan kesamaptaan jasmani adalah Siswa Apandi Purba. Ia berasal dari Kabanjahe Karo, Sumatera Utara.

Sedangkan lulusan terbaik kedua peraih medali Bintang Garuda Trisakti Tarunatama Perak adalah Siswa Azzahra Jelita. Ia berasal Karang Anyar, Jawa Tengah dan medali Perunggu diraih Belly Ali Ramadhansyah asal Depok, Jawa Barat.

Pada kesempatan itu juga diberikan Piagam Kartika Cendekia. Yaitu, penghargaan tertinggi bidang akademik bidang IPA yang diberikan kepada Siswa Avelya Hesti Pratama asal Semarang, Jawa Tengah dan bidang IPS diberikan kepada Siswa Reza Noor Falaq asal Palopo Sulawesi Selatan. Penghargaan selanjutnya adalah Piagam Taruna Cendekia Buana diberikan kepada siswa yang berprestasi dalam lomba-lomba tingkat nasional dan internasional.

Yaitu, M. Firman Nuruddin Siswa asal Magelang Jawa Tengah, putera seorang buruh bangunan yang baru saja pulang mengikuti lomba International Conference Young Scientist (ICYS) di Belgrade Serbia. Bahkan, dengan kemampuannya, ia mampu memperoleh Gold Medal.

Pada umumnya siswa yang berprestasi tinggi adalah yang kepribadiannya sangat baik, disiplin, jujur, mandiri dan bertanggungjawab. Serta memiliki kesamaptaan jasmani yang tinggi. Dengan tubuh yang sehat dan bugar melalui kegiatan olahraga rutin didukung dengan jiwa yang sehat dan kepribadian yang baik. Maka, kemampuan siswa untuk meraih prestasi akademik akan mudah terwujud.

Inilah keunggulan dari SMA Taruna Nusantara sebagai lembaga pendidikan pembentukan yang berasrama penuh. Memiliki haluan dengan wawasan kabangsaan, kejuangan dan kebudayaan.

Sementara itu, Inspektur Upacara mewakili Menteri Pertahanan RI, Mayjen TNI (Purn) Bambang Hermanto menyambut baik perolehan prestasi siswa Angkatan 26 ini. Terutama dengan meningkatnya banyak perolehan prestasi lomba di berbagai bidang. Terutama lomba internasional yang bisa membawa nama baik bangsa.

Hal ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia sejajar dengan bangsa-bangsa besar lainnya di dunia. Pria yang saat ini menjabat Ketua Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Perumahan (YKPP) berpesan agar seluruh lulusan Angkatan 26 yang dinamai Cakrawala ini, agar saat melanjutkan ke pendidikan nanti, tidak hanya mengejar prestasi akademik semata.

Tetapi juga mampu mengembangkan soft skills berupa kemampuan berpikir kritis, analitis, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Serta, memiliki empati yang tinggi sebagai tunas-tunas pemimpin bangsa yang sungguh-sungguh dapat diandalkan.

Pada kesempatan itu ia mengingatkan seluruh siswa SMA Taruna Nusantara untuk selalu mewujudkan janji Triprasetia Siswa SMA Taruna Nusantara. Antara lain selalu memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara dan dunia.

Upacara parade di Balairung Pancasila SMA Taruna Nusantara itu dihadiri seluruh orangtua siswa dan keluarganya dengan penuh kegembiraan. Acara ditutup dengan defile barisan Alumni. Mereka baru saja dilantik dan diikuti pula oleh Siswa lainnya dengan diiringi oleh Marching Band Gita Bahana Nusantara kebanggaan Siswa SMA Taruna Nusantara.

Apa Tanggapan Anda ?